Selasa 21 Feb 2023 12:56 WIB

Anggota Dewan 'Semprot' Pemkot Bekasi Soal Jalan Rusak di Musim Penghujan

Anggota DPRD Bekasi ingatkan DBMSDA segera benahi jalan rusak

Pengendara menghindari jalanan yang berlubang di Jl Sudirman, Kranji, Gg Banteng Kota Bekasi tepatnya Fly Over Kranji. Jalanan ini sudah satu tahu rusak parah belum diperbaiki. Ahad (19/2/2023).
Foto: Republika/Ali Yusuf
Pengendara menghindari jalanan yang berlubang di Jl Sudirman, Kranji, Gg Banteng Kota Bekasi tepatnya Fly Over Kranji. Jalanan ini sudah satu tahu rusak parah belum diperbaiki. Ahad (19/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi diminta segera memperbaiki jalan-jalan rusak. Di musim penghujan ini banyak badan jalan berlubang dan aspalnya mengelupas yang menyebabkan genangan air.

"Intinya kita minta DBMSDA segera memperbaikinya," kata Ahmad Ustuchri anggota Komisi II DPRD Kota Bekasi saat dihubungi Republika, Selasa (21/2/2023).

Ahmad Ustucri memastikan dalam waktu dekat ini, pihaknya akan segera memanggil secara resmi Kepala Dinas DBMSDA untuk bertanya progres perbaikan jalanan yang rusak. Perbaikan insfrastuktur menjadi yang paling diminta konstituen saat reses.

"Kita akan panggil DBMSDA dinas terkait," katanya.

Selama musin penghujan ini kerusakan jalan memang tidak bisa dihindari. Namun tetap Pemkot Bekasi perlu segera memperbaiki kembali jalan yang rusak.

"Apalagi sekarang musim penghujan belum selesai, seperti kemarin debit hujannya tinggi, ada beberapa tempat tergenang dan banjir," katanya.

photo
Beberapa ruas jalan Cakung-Bekasi rusak dan banyak digenangi air saat hujan Ketinggian air yang menggenangi beberapa ruas jalan ini bervariasi hingga mencapai 5-10 cm. Kamis (16/2/2023). - (Republika/Ali Yusuf)

Ahmad Ustucri mengatakan, dalam waktu dekat ini dia akan menggelar rapat kerja dengan DBMSDA untuk mengetahui action plan Pemkot. Rapat kerja ini untuk mendorong agar pemkot segera melelang semua proyek terutama yang ada kaitannya dengan penuntasan banjir dan perbaikan jalan.

photo
Pengendara menghindari jalanan yang berlubang di Jl Sudirman, Kranji, Gg Banteng Kota Bekasi tepatnya Fly Over Kranji. Jalanan ini sudah satu tahu rusak parah belum diperbaiki. Ahad (19/2/2023). - (Republika/Ali Yusuf)

"Proyek-proyek yang diperlukan warga segera dilaksanakan untuk dilelang, karena ini ada hujan jadi ketahuan debit airnya. Jadi kita minta untuk disegerakan proyek-proyek yang sudah dianggarkan dioptimalkan untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan," katanya.

Dia mengaku tidak mengetahi detailnya berapa anggaran untuk perbaikan dan pemeliharaan jalanan. Namun yang pasti anggaran untuk perbaikan dan perawatan sudah ada dari dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK).

"Angka persisnya silahkan ke dinas. Namun kita akan segera panggil karena ada DAU dan DAK," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement