Ahad 19 Feb 2023 20:06 WIB

Kapolri: Kita Evakuasi dan Lakukan Penyelamatan Cepat untuk Rombongan Kapolda Jambi

Sigit mengaku sudah berkomunikasi dengan Kapolda Jambi usai kejadian.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus raharjo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku sudah berkomunikasi dengan Kapolda Jambi usai insiden helikopter mendarat darurat di Kerinci.
Foto: Dok Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku sudah berkomunikasi dengan Kapolda Jambi usai insiden helikopter mendarat darurat di Kerinci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongannya selamat setelah helikopter yang mereka tumpangi mendarat darurat di Bukit Tamia Jambi, Muara Emat, Jambi, pada Ahad (19/2/2023). Hanya saja, mereka mengalami luka-luka

"Alhamdulilah sampai saat ini kita mendapat informasi semuanya masih selamat walau pun ada beberapa yang luka. Dan mohon doanya bahwa evakuasi bisa kita lakukan dengan cepat. Dan melakukan langkah penyelamatan," kata Sigit kepada wartawan di Jakarta, Ahad (19/2/2023).

Baca Juga

Kapolri mengaku sudah bisa berkomunikasi dengan mereka. Kapolri mendapat informasi mereka selamat dan perlu perawatan lebih lanjut.

"Semuanya masih dalam kondisi selamat walaupun ada beberapa orang yang terluka dan diantara mereka juga bisa berkomunikasi dengan kita walaupun kadang kala ada kesulitan," ujar Sigit.

Kapolri menyampaikan sudah mengetahui titik jatuhnya helikopter untuk melakukan penyelamatan. Sehingga tim penyelamatan dapat segera bergerak ke lokasi.

"Kita telah mengetahui titik koordinat bagaimana helikopter tersebut melakukan pendaratan darurat," ujar Sigit.

Helikopter tersebut tercatat membawa delapan orang. Yaitu Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono didampingi Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudistira, Dipolairud Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC kapolda, serta tiga kru helikopter AKP Ali, AKP Amos F, Aipda Susilo. Irjen Pol Rusdi Hartono mengemban tugas sebagai Kapolda Jambi pada Oktober 2022.

Penerbangan helikopter BKO Polda Jambi pada Ahad 19 Februari 2023 berangkat sekitar pukul 09:30 WIB. Helikopter jenis Bell 412 SP dengan nomor Registrasi P-3001 berangkat dari bandara Sultan Thaha Jambi dengan tujuan Bandara Depati Parbo.

Kapolda Jambi beserta rombongan terbang dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh untuk melaksanakan kunjungan kerja pada hari ini pukul 09.25 WIB. Kapolda Jambi hendak meresmikan Kantor SPKT Polres Kerinci dan pengamanan Kunjungan Mantan Wapres RI Dr Drs H. M. Jusuf Kalla di Kerinci.

Tapi pada pukul 11.02 WIB, Posko Polda Jambi memperoleh laporan dari kru Heli Bell 412 SP Reg P-3001 mengenai jatuhnya heli di Desa Tamiai Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci. Adapun penyebab jatuhnya heli belum diketahui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement