Ahad 19 Feb 2023 19:50 WIB

Tim DVI Polri Berhasil Identifikasi Dua Jenazah WNI Korban Gempa Turki

Kedua jenazah ditemukan di bawah reruntuhan Gedung Apartemen Galeria.

Seekor anjing penjaga di sebuah peternakan kecil berbaring di atas salah satu sapi yang mati akibat luka yang dideritanya akibat gempa, di desa Polat, Turki, Ahad, 12 Februari 2023.
Foto: Foto AP/Francisco Seco
Seekor anjing penjaga di sebuah peternakan kecil berbaring di atas salah satu sapi yang mati akibat luka yang dideritanya akibat gempa, di desa Polat, Turki, Ahad, 12 Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri berhasil mengidentifikasi dua jenazah warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban gempa bumi di Turki. Keduanya berasal dari Bali bernama Irma Lestari (33 tahun) dan Ni Wayan Supini (45).

"Selanjutnya kedua jenazah akan dipulangkan ke Tanah Air oleh pemerintah melalui KBRI Ankara dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang direncanakan akan didampingi Atpol KBRI Ankara," kata Kasatgas Misi Kemanusiaan Turki 2023 Brigjen Pol Gatot Tri Suryanta dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Ahad (19/2/2023).

Baca Juga

Gatot menerangkan awalnya pada Kamis (16/2/2023), tim INASAR beserta petugas setempat telah menemukan dua jenazah dengan jenis kelamin perempuan di daerah Dyarbakir.

Tim DVI Polri kemudian mendapat permintaan dari Kedutaan Besar Indonesia untuk Turki guna melakukan pemeriksaan dua jenazah diduga WNI yang dinyatakan hilang kontak di Dyarbakir akibat bencana gempa bumi yang menimpa Turki pada Senin (6/2/2023).

"Tim langsung membantu melakukan tindakan proses identifikasi," kata Gatot.

Gatot mengungkapkan kedua jenazah tersebut ditemukan di bawah reruntuhan Gedung Apartemen Galeria di Kota Dyarbakir setelah tertimbun selama kurang lebih dua pekan.

Kondisi jenazah yang sulit dikenali secara visual membuat Tim DVI melakukan identifikasi yang lebih akurat secara saintifik.

Tim berhasil mengidentifikasi korban bernama Irma berdasarkan catatan medis dan properti. Sementara untuk korban Ni Wayan Supini teridentifikasi berdasarkan catatan medis, gigi, dan properti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement