Ahad 19 Feb 2023 19:43 WIB

Dua Helikopter Diturunkan Evakuasi Kapolda Jambi di Kerinci

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dilaporkan mengalami patah tangan kanan.

Helikopter. (Ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Helikopter. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI--Dua helikopter bantuan Polda Sumatra Selatan dan PT WKS, terbang menuju lokasi jatuhnya helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan. Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di perbukitan Kabupaten Kerinci pada Ahad (19/2/2023).

Pantauan dari lapangan terbang Bandara Lama Jambi, kedua helikopter untuk evakuasi tersebut lepas landas sekitar pukul 17.00 WIB dari Bandara Sultan Thaha Jambi menuju lokasi. "Benar bantuan helikopter dari Polda Sumatra Selatan untuk membawa logistik dan juga obat-obatan," kata Kabidhumas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Priyanto kepada wartawan, Ahad (19/2/2023).

Baca Juga

Sedangkan helikopter dari PT WKS diterbangkan untuk membawa bantuan personel gabungan. Saat ini belum dapat memastikan kondisi pasti cedera yang dialami oleh Kapolda Jambi, namun yang kita pastikan kondisi Kapolda dan seluruh penumpang dalam kondisi selamat, untuk kepastian dan kejelasannya nanti akan disampaikan lagi.

Tim bantuan yang diterjunkan ini akan menempuh jalur darat dan jalur udara untuk melakukan evakuasi terhadap Kapolda Jambi bersama rombongan. "Kalau cuaca bagus maka bisa lewat jalur udara, namun informasi terkini di tempat kejadian sedang turun hujan," kata Mulya.

Sebelumnya, Kondisi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dilaporkan mengalami patah tangan kanan setelah helikopter yang ditumpangi jatuh dan mendarat darurat di perbukitan Kabupaten Kerinci.

Dari rekaman video yang beredar, terlihat kondisi helikopter rusak parah dan beberapa personel Polda Jambi berdarah di bagian wajah, termasuk Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudistira.

Informasi yang didapat, kronologis kejadian berawal pada Ahad 19 Februari 2023 pukul 09.25 WIB, Kapolda Jambi beserta rombongan terbang dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh untuk melaksanakan kunjungan Kerja. Yakni peresmian Kantor SPKT Polres Kerinci dan pengamanan Kunjungan Mantan Wapres RI Jusuf Kalla di Kerinci.

Pada Pukul 11.02 WIB Posko Polda Jambi mendapat laporan dari Kru Heli Bell 412 SP Reg. P-3001 mendarat darurat di Desa Tamiai Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci, dengan alasan belum diketahui. Untuk kondisi penumpang saat ini dalam keadaan selamat dengan kondisi Kapolda Jambi alami patah tangan kanan dan untuk penumpang lain dalam keadaan selamat.

Saat ini, Mengirim Personel Batalyon B Sat Brimob Polda Jambi, Polres Kerinci dan Polres Merangin menuju ke lokasi pendaratan darurat. Mengirim tim Medis ke lokasi untuk melakukan pertolongan pertama. PT WKS meminjam Heli Bell 412 EP untuk melakukan evakuasi melalui jalur udara.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Priyanto menjelaskan, saat ini kondisi cuaca di tempat kejadian mendarat darurat helikopter yang dinaiki Kapolda Jambi sedang berkabut dan hujan. "Hasil koordinasi sementara kondisi itu gara-gara cuaca," katanya.

Saat ini pihaknya melibatkan beberapa pihak dalam upaya evakuasinya, ada Basarnas, Polda Jambi dan jajaran serta dari Polda Sumsel.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement