Ahad 25 Dec 2022 21:05 WIB

Erick Thohir Dinilai Cawapres Ideal Wakili Pemimpin Luar Pulau Jawa

Elektabilitas Erick Thohir konsisten menempati daftar teratas di 5 provinsi Jawa.

Menteri BUMN Erick Thohir. Erick Thohir disebut sebagai cawapres ideal untuk mewakili pemimpin Indonesia di luar pulau Jawa.
Foto: tangkapan layar
Menteri BUMN Erick Thohir. Erick Thohir disebut sebagai cawapres ideal untuk mewakili pemimpin Indonesia di luar pulau Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir disebut sosok yang mewakili suara pemilih di luar Jawa. Karena itu menurut Founder Perfekto untuk Indonesia Amir Faisal, situasi itu menjadikan menjadikan Erick Thohir figur calon wakil presiden (cawapres) yang ideal untuk Pilpres 2024.

"Erick Thohir mewakili pemimpin dari luar pulau Jawa. Secara kepemimpinan ideal, sangat baik untuk Indonesia ke depan," tutur Founder Perfekto untuk Indonesia Amir Faisal, Ahad (25/12/2022).

Amir berkata, kondisi itu tidak terlepas dari latar belakang Erick Thohir yang berasal dari wilayah luar Jawa, yakni Lampung. Sosok Erick Thohir dikatakannya juga telah berkiprah lama dalam berbagai sektor usaha.

Setidaknya menurut Amir, ada 40 persen pemilih pada Pemilu yang ada di luar Pulau Jawa. Kondisi demikian tentu menjadi ceruk pemilih yang siap mendukung pada pertarungan elektoral Pilpres mendatang.

"Ini akan memberikan sumbangsih yang cukup besar untuk peluang kemenangan," ucap Amir.

Kesuksesan Erick Thohir dalam memimpin Kementerian BUMN pun menurut Amir, mendapat banyak respons positif masyarakat. Sejumlah keberhasilan dalam tugas-tugas khusus kenegaraan juga menjadi salah satu di dalamnya.

Belum lagi, lanjut dia, hal itu turut diperkuat oleh rekaman survei terbaru menjadikannya alah satu cawapres terkuat. Elektabilitas Erick Thohir begitu konsisten menempati daftar teratas di lima provinsi di Pulau Jawa.

Kondisi demikian, dia melanjutkan, semakin menjadikan Erick Thohir sosok cawapres potensial dengan banyak keunggulan. Sehingga membuat daya tawar Erick Thohir kepada partai politik pengusung semakin tinggi. "Ini berarti Erick Thohir dapat diterima secara baik di pulau Jawa dan luar pulau Jawa," kata Amir.

Sebelumnya Poltracking Indonesia menggelar survei di lima Provinsi Pulau Jawa pada 26 Novemver-2 Desember 2022. Meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta serta Banten. Rekaman survei menunjukkam, elektabilitas Erick Thohir di lima Pulau Jawa miliki catatan bagus. Seperti di Jawa Tengah (25,4%), Jawa Timur (18,3%), DKI Jakarta (17,2%), Banten  (11,7%), serta Jawa Barat (10,3%).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement