Selasa 01 Nov 2022 14:21 WIB

Tiga Kota/Kabupaten Ini Paling Worth It untuk Kuliah Sambil Kerja

Universitas BSI berada di wilayah yang lokasinya cocok untuk kerja sambil kuliah

Universitas BSI berada di wilayah yang lokasinya cocok untuk kerja sambil kuliah
Foto: UBSI
Universitas BSI berada di wilayah yang lokasinya cocok untuk kerja sambil kuliah

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG – Keberhasilan pendidikan merupakan dasar dari kemajuan bangsa. Oleh karena itu, setiap manusia berhak mendapatkan akses pendidikan yang mudah dan juga berkualitas.

Melanjutkan pendidikan tinggi menjadi impian bagi banyak pelajar. Namun biaya kuliah yang tidak murah membuat tidak semua orang dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Akan tetapi, ada banyak cara untuk menyiasati hal tersebut. Salah satunya dengan kuliah sambil kerja.

Baca Juga

Indonesia memiliki banyak kawasan industri yang besar dan menghasilkan nilai jual yang tinggi. Kondisi ini menjadi peluang teman-teman rantau yang meninggalkan kampung halaman untuk mencari pekerjaan sembari melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah sambil kerja, berikut tiga kota paling worth it bagi para perantau untuk kuliah sambil kerja:

1. Karawang

Wilayah Kabupaten Karawang memiliki 12 kawasan industri dengan luas kurang lebih 13.756.358 hektare. Kawasan industri Karawang adalah yang terbesar di Asia Tenggara.

Menurut data Disnakertrans Karawang, jumlah pabrik yang beroperasi mencapai 1.762 pada tahun 2018. Sebagian besar perusahaan yang ada di Karawang bergerak di sektor otomotif dari negara Jepang. 

Buat perantau yang mempunyai tekad untuk kerja sambil kuliah di Karawang, berikut pilihan kampus PTN dan PTS yang worth it untuk dijadikan sebagai pilihan antara lain Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Cikampek, dan Universitas BSI kampus Karawang.

2. Bekasi

Daerah penyangga DKI Jakarta ini merupakan salah satu kawasan industri terbesar lainnya di Indonesia, tepatnya di daerah Cikarang. Total kawasan industri di Cikarang adalah 10 kawasan dengan luas lahan kawasan mencapai 9.496 hektare.

Khusus di wilayah Cikarang, Bekasi, berikut pilihan kampus yang tepat untuk Kuliah sambal kerja di antaranya Universitas BSI kampus Cikarang, Politeknik Meta Industri Cikarang, Universitas Pelita Bangsa, dan Universitas BSI kampus Kaliabang.

3. Tangerang

Wilayah yang dekat dengan Jakarta ini memiliki enam kawasan industri dengan luas lahan kawasan mencapai 4.450 hektare. Sebagian besar perusahaan di Tangerang bergerak di sektor produksi dan penyimpanan gudang.

Selain luasnya lahan untuk kawasan industri, Tangerang pun memberikan pilihan kampus yang luas untuk perantau yang ingin kuliah sambil kerja ataupun sebaliknya, berikut adalah pilihan kampus yang worth it di Tangerang seperti Universitas Nusa Mandiri, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas BSI kampus Tangerang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement