Selasa 12 Apr 2022 19:37 WIB

Mahfud MD: Unjuk Rasa 11 April Aman dan Lancar, tak Ada Insiden Berarti

Mahfud mengapresiasi mahasiswa yang telah menyampaikan aspirasinya secara tertib.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Teguh Firmansyah
Aparat polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa selama demonstrasi di luar gedung parlemen di Jakarta, Indonesia, 11 April 2022.
Foto: EPA-EFE/MAST IRHAM
Aparat polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa selama demonstrasi di luar gedung parlemen di Jakarta, Indonesia, 11 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengeklaim aksi unjuk rasa yang digelar sejumlah elemen dari masyarakat dan mahasiswa pada Senin (11/4) berjalan dengan lancar. Bahkan Mahfud menilai, tidak ada insiden yang berarti dalam demo tersebut.

"Alhamdulillah, kita bersyukur bahwa aksi unjuk rasa sebagai bagian dari penyaluran hak politik di dalam negara demokrasi yang kita sepakati, kemarin tanggal 11 April 2022 sudah berjalan dengan aman, lancar dan dapat dikatakan tidak ada insiden yang berarti," kata Mahfud dalam keterangan pers melalui kanal YouTube Kemenko Polhukam, Selasa (12/4).

Baca Juga

Mahfud juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi jajaran Polri, BIN, dan TNI yang telah bekerja keras mengamankan pelaksaan aksi demonstrasi. Menurutnya, aparat keamanan sudah memetakan situasi sehari sebelumnya, termasuk mengenai rute dan jumlah peserta yang hampir akurat dari yang dilaporkan sebelumnya.

"Serta cara-cara penyelesaian yang humanis sudah dilakukan dengan baik. Terima kasih sekali lagi Bapak Kapolri, Kepala BIN, dan jajarannya juga kepada Kodam Jaya dan TNI pada umumnya yang sudah juga ikut membantu agar acara kemarin berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Selain itu, Mahfud turut mengapresiasi para mahasiswa yang telah menyampaikan aspirasinya dengan tertib. Ia memastikan bahwa pemerintah akan mendengar setiap aspirasi yang disampaikan dan tidak menghalangi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa.

"Karena itulah dulu yang kita perjuangkan. Aspirasi anda sudah kami dengar sesudah anda sampaikan secara terbuka. Pimpinan DPR juga sudah menjanjikan untuk mem-follow up sesuai dengan aspirasi para mahasiswa," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement