Jumat 01 Apr 2022 15:30 WIB

Gubernur Minta Core Value ASN BerAKHLAK, Jadi Wujud Kalteng Berakhlak dan Keberkahan

Sebagai ASN di sektor apapun dia bekerja, akhlak hendaknya menjadi penuntun utama

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) resmi meluncurkan  Core Value ASN BerAkhlak dengan Employer Branding “ Bangga Melayani Bangsa”.
Foto:

ASN Kalteng Harus Berkaca pada Tokoh Tambun Bungai

Hal yang sangat istimewa pada peluncuran Core Value ASN BerAKHLAK  kali ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menghadirkan narasumber khusus yakni Pakar Pembangunan Karakter sekaligus Founder ESQ Leader Center Ary Ginanjar Agustian. Kehadiran Ary Ginanjar seakan memiliki magnet tersendiri bagi seluruh peserta yang hadir.  

Ary Ginanjar memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang menyelenggarakan acara Core Value ASN BerAKHLAK, apalagi kegiatan ini merupakan peluncuran perdana di tingkat provinsi, setelah diluncurkan Presiden Joko Widodo tahun lalu.

Dalam paparannya Ary Ginanjar mengatakan bahwa tantangan ASN saat ini  harus mampu  beradaptasi dengan  perubahan apapun dan mampu bertahan dalam kondisi apapun. Selain itu lanjut dia, ASN juga harus mampu bekerja sama dengan siapapun, mampu memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat, dan mampu tetap berprestasi dalam kondisi apapun.

Oleh sebab itu Ary menyebut dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur, banyak tokoh daerah yang merupakan kearifan lokal hendaknya dijadikan inspirasi, seperti halnya di Kalimantan Tengah yang dikenal dengan julukan Bumi Tambun Bungai. Tambun dan Bungai sendiri bila dilihat dari berbagai literatur merupakan tokoh dayak yang memiliki sifat komprehensif.

“Tambun dan Bungai bila kita membaca dari berbagai literatur adalah tokoh Dayak yang cerdas, cepat kaki ringan tangan, pantang menyerah dalam membela kebenaran, dan juga memiliki sikap yang lembut, ramah, suka menolong sesama serta bijaksana dan jujur,” ujar Ary.

photo
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) resmi meluncurkan Core Value ASN BerAkhlak dengan Employer Branding “ Bangga Melayani Bangsa”. - (Pemprov Kalteng)

Lanjut menurut Ary, nilai-nilai filosofi yang dimiliki Tambun dan Bungai cukup lengkap mencerminkan akhlak dan kecerdasan dan kepekaan sosial yang tinggi yang bisa menjadi pondasi kuat bagi seorang ASN dalam mengabdi kepada Bangsa dan Negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement