Sabtu 04 May 2024 23:20 WIB

Pontianak Didorong Jadi Kota Olahraga

Dukungan datang dari komunitas pesepeda.

Bersepeda (ilustrasi)
Foto: Piqsels
Bersepeda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Komunitas sepeda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tamasya Puri Wisata mendukung Kota Pontianak menjadi kota olahraga, di antaranya dengan menghadirkan program - program yang mengajak masyarakat cinta olahraga dengan bersepeda.

"Beberapa program telah dihadirkan agar masyarakat cinta olahraga termasuk bersepeda. Sebelumnya ada program Minggu Pagi Bersepeda dan terbaru Friday Bicycle," ujar Ketua Pokdarwis Tamasya Puri Wisata, Herfin Yulianto, di Pontianak, Sabtu (4/5/2024). 

Baca Juga

Ia menjelaskan adanya sejumlah program juga menjadi wadah bertemunya pecinta sepeda sekaligus mengenalkan kawasan Pecinan Pontianak.

“Program kami sebagai wadah bagi para pecinta sepeda untuk saling silaturahim, ya mungkin sudah banyak juga kegiatan serupa, tapi saya ingin sekaligus memperkenalkan Pecinan Pontianak ini kepada mereka, itulah sebabnya titik kumpul ada di Kawasan Pecinan Pontianak, Jalan Gajah Mada,” kata dia.

Ia melanjutkan, titik kumpul yang berada di tengah kota seperti Taman Digulis, Taman Catur, dan tempat-tempat lainnya sudah terlalu biasa sehingga dia berinisiatif membuat titik kumpul di Pecinan Pontianak untuk memberikan suasana berbeda.

“Tidak selalu soal tempat yang ramai, tempat yang berkelas, kita bisa gunakan Pecinan Pontianak sebagai titik kumpul supaya orang-orang juga bisa mengenal pecinan ini, supaya bisa lebih eksis lagi,” tambahnya.

Ia mengatakan Pontianak sebagai kota olahraga sangat baik. Menurutnya Kota Pontianak juga sudah mulai memasuki tahap itu.

"Dari pengamatan kami banyak orang berolahraga di Pontianak seperti jogging, bersepeda, dan lain-lain, sehingga termasuk dengan adanya Friday Bicycle program terbaru ini bisa menjadi salah satu upaya dalam mencapai Pontianak kota olahraga,” tuturnya.

Ia berpendapat, Friday Bicycle bukan sekedar menggaungkan gaya hidup sehat dengan bersepeda, tetapi langsung mempraktikkan gaya hidup tersebut, sehingga orang-orang tidak menganggap kegiatan Friday Bicycle hanya sebatas retorika saja.

“Kami ini hitungannya bukan lagi menggaungkan, tapi sudah mempraktikkan, walaupun baru dimulai dari Minggu lalu, tapi saya yakin kegiatan ini akan terus berlanjut dan akan memberikan dampak ke depannya," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pontianak terus digaungkan sebagai kota olahraga. Sejumlah fasilitas olahraga untuk meningkatkan minat olahraga dibangun. Begitu juga kegiatan - kegiatan baik skala lokal maupun nasional dihadirkan.

Selanjutnya, kegiatan pembinaan atlet dan pemberdayaan pengurus di tiap cabang olahraga dilakukan.

Untuk kegiatan skala nasional kegiatan olahraga, terbaru sukses digelar Pontianak City Run (PCR).

"Pemkot Pontianak menyambut baik digelarnya PCR ini sebagai kegiatan yang mampu menyedot banyak peserta, tidak hanya dari Kota Pontianak maupun Provinsi Kalbar, bahkan dari luar Kalbar dan mancanegara," ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement