Senin 01 Apr 2024 09:48 WIB

Wagub Kalteng Salurkan Beras Subsidi pada Pasar Murah

Saat ini terjadi inflasi hampir di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kalteng.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo menyalurkan beras subsidi pada Pasar Murah di Kantor Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Ahad (31/3/2024).
Foto: Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo menyalurkan beras subsidi pada Pasar Murah di Kantor Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Ahad (31/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PULANG PISAU -- Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo menyalurkan beras subsidi pada Pasar Murah di Kantor Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Ahad (31/3/2024).

Sementara pada hari yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Nuryakin kembali membuka pasar murah tahap II dan penyaluran bantuan di Kabupaten Murung Raya, bertempat di Aula Kantor Desa Juking Pajang Kecamatan Murung.

Baca Juga

Masyarakat sangat antusias menyambut kegiatan pasar murah yang diinisiasi oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran guna menekan infkasi dan membantu Masyarakat menghadapi Lebaran. Pada pasar murah tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) menyiapkan paket beras 10 kg senilai Rp 175 ribu, namun masyarakat cukup menebus dengan harga Rp 20 ribu, selisihnya disubsidi oleh pemprov. 

Dalam sambutannya Wagub mengatakan, saat ini terjadi inflasi hampir di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kalteng. Komoditas yang mengalami kenaikan harga salah satunya adalah beras. "Harga beras di Kalimantan Tengah khususnya bisa mencapai 17-18 ribu per kilo nya, untuk itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan Pasar Murah ini agar tidak terjadi inflasi di daerah," ujarnya dalam siaran pers. 

 

Wagub menambahkan, kegiatan Pasar Murah ini sebelumnya sudah dilaksanakan di beberapa tempat di Pulang Pisau. "Bukan hanya di Pulang Pisau saja, tetapi juga di 13 kabupaten dan 1 kota se-Kalimantan Tengah, kita ingin harga-harga kebutuhan pokok ini tetap terkendali dan terjaga, jangan sampai di bulan puasa Ramadan dan menjelang lebaran harganya semakin naik," ujarnya. 

photo

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Nuryakin kembali membuka pasar murah tahap II dan penyaluran bantuan di Kabupaten Murung Raya, bertempat di Aula Kantor Desa Juking Pajang Kecamatan Murung. - (Pemprov Kalteng)

Wagub menyebut, pada Pasar Murah di Kecamatan Sebangau Kuala ini ada 10 ton atau 1.000 paket yang berisikan 10 kg beras senilai 175 ribu rupiah. Namun Pemprov Kalteng memberikan subsidi sebesar Rp 155 ribu, sehingga masyarakat hanya menebus dengan harga Rp 20 ribu per paketnya. 

Selanjutnya, Wagub juga menyalurkan beras subsidi sebanyak 20 ton atau 2.000 paket pada Pasar Murah yang diselenggarakan di Kantor Desa Gandang, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau. Kegiatan pasar murah dihadiri Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng. 

Sementara di Murung Raya, Sekda H Nuryakin membuka kegiatan kegiatan pasar murah di Desa Juking Pajang Kecamatan Murung dan Desa Konut Kecamatan Tanah Siang, Kabupaten Murung Raya. Nuryakin mengungkapkan, sesuai arahan Gubernur Kalteng, total bantuan yang diberikan untuk Kabupaten Murung Raya sebanyak 150 ton beras, pada tahap I sudah disalurkan sebanyak 50 ton dan pada tahap II ini disalurkan kembali 100 ton. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement