Jumat 10 Dec 2021 22:17 WIB

Wali Kota dan Mubaligh Sederhana itu Ingin Disapa Mang Oded

Jangan panggil Pak Oded, tapi Mang Oded saja.

Rep: Arie Lukihardianti, M Fauzi Ridwan, Bayu Adji P/ Red: Agus raharjo
Sejumlah pelayat menggotong keranda yang berisi jenazah Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat (10/12). Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia pada Jumat (10/12) pukul 11.55 WIB diduga akibat serangan jantung saat hendak menjadi khotib Sholat Jumat di Masjid Mujahidin Bandung. Foto: Republika/Abdan Syakura
Foto:

Ia melanjutkan mengenal almarhum sejak yang bersangkutan masih bekerja di PT DI dan menjadi pengurus Habbiburahman. Beberapa kali ia sering diundang almarhum untuk menyampaikan khotbah.

"Saya masih ingat diundang khutbah oleh beliau, saya tinggal di Jakarta maka beliau bilang tidak apa-apa khutbah di masjid Habib Burahman sekaligus menikmati pesawat buatan PT DI maka saya terbang dari Halim ke Husen Pakai CN 235 itu kenangan saya," katanya.

Tidak hanya itu, beberapa kali bersama almarhum sering melakukan kegiatan bersama di Bandung. Bahkan pernah menggunakan angkutan umum dan bus menuju Tasikmalaya.

"Sering ada kegiatan di Bandung meski pun saya tinggal di Jakarta pernah naik angkot ke Tasikmalaya bersama naik bus," katanya. Ia pun kesederhanaan almarhum bisa dilihat dari sapaan akrabnya yaitu Mang Oded.

"Mang Oded orangnya sesederhana itu, mungkin satu-satunya di Jawa Barat seorang Wali Kota seorang kepala daerah dipanggil Mang. Mang itu panggilan keakraban," katanya.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum juga memiliki kenangan sendiri untuk Mang Oded. Walaupun tidak mengenal lebih mendalam seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Uu mengenal Mang Oded sebagai sosok yang ramah dan sangat sederhana.

“Beliau adalah orang yang sederhana, ramah dan juga rendah hati. Beliau bilang juga, Pak Uu jangan panggil Pak Oded tapi Mang Oded aja,” kata Uu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement