Jumat 10 Dec 2021 22:17 WIB

Wali Kota dan Mubaligh Sederhana itu Ingin Disapa Mang Oded

Jangan panggil Pak Oded, tapi Mang Oded saja.

Rep: Arie Lukihardianti, M Fauzi Ridwan, Bayu Adji P/ Red: Agus raharjo
Sejumlah pelayat menggotong keranda yang berisi jenazah Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat (10/12). Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia pada Jumat (10/12) pukul 11.55 WIB diduga akibat serangan jantung saat hendak menjadi khotib Sholat Jumat di Masjid Mujahidin Bandung. Foto: Republika/Abdan Syakura
Foto:

Namun, pada Jumat (10/12), Mang Oded sudah tak bisa lagi mengawal kasus ini hingga tuntas. Banyak doa dan kenangan baik dari sejawat mengalir untuk sosok yang juga kakak kandung mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman ini.

Mantan gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengingat Mang Oded sebagai mubaligh yang merakyat dan sederhana. Aher, sapaan Ahmad Heryawan, mengenal almarhum sejak yang bersangkutan masih bekerja di PT DI dan menjadi pengurus Habbiburahman. Tidak hanya itu, Aher beberapa kali bersama almarhum sering melakukan kegiatan bersama di Bandung. Bahkan pernah menggunakan angkutan umum dan bus menuju Tasikmalaya.

"Sering ada kegiatan di Bandung meskipun saya tinggal di Jakarta pernah naik angkot ke Tasikmalaya bersama naik bus," katanya. Ia pun kesederhanaan almarhum bisa dilihat dari sapaan akrabnya yaitu Mang Oded.

"Mang Oded orangnya sesederhana itu, mungkin satu-satunya di Jawa Barat seorang Wali Kota, seorang kepala daerah dipanggil Mang. Mang itu panggilan keakraban," katanya.

Bagi Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan, sosok Oded merupakan seorang sahabat yang sederhana. Tidak hanya merakyat, sosok Mang Oded merupakan tokoh mubalig dan agamis.

"Sosok Mang Oded itu seorang sahabat, orangnya sederhana apa adanya tampilannya merakyat dekat dengan masyarakat. Dia seorang mubalig agamis itu sosok Mang Oded," ujarnya disela-sela melayat almarhum di Pendopo Wali Kota Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement