Sabtu 19 Mar 2022 14:13 WIB

Nama Istri Almarhum Oded Danial Diganti dari Calon Wawalkot Kota Bandung

Dua nama yang sekarang diusulkan PKS yakni Andri Rusmana dan Indra Kusumah.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Agus raharjo
Anggota Komisi V DPRD Jabar Siti Muntamah
Foto: Humas DPRD Jabar
Anggota Komisi V DPRD Jabar Siti Muntamah

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Dua nama calon pengisi kursi wakil wali Kota Bandung yang kosong dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah berganti. Sempat muncul dua nama yakni Ketua PKS Kota Bandung Khairullah dan anggota DPRD Jabar Siti Muntamah, istri almarhum Oded M Danial sebagai calon wawalkot.

Namun, kedua nama tersebut digantikan Andri Rusmana dan Indra Kusumah. Berdasarkan informasi yang diperoleh, kedua nama tersebut telah ditetapkan DPP PKS sebagai calon wakil wali Kota Bandung sisa masa jabatan 2018-2023 dari PKS. Surat yang dikeluarkan pada 10 Maret di Jakarta itu ditandatangani Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Jenderal Abu Bakar AlHabsyi.

Baca Juga

Surat tersebut bernomor 210/SKEP/DPP-PKS/2022. Keputusan tersebut dibuat berdasarkan rekomendasi hasil rapat dewan pimpinan tingkat pusat PKS pada 9 Maret 2022. Saat dikonfirmasi, Ketua PKS Kota Bandung Khairullah membenarkan terkait perubahan nama dari PKS yang diusulkan mengisi kursi wakil wali Kota Bandung.

Semula dirinya dan Siti Muntamah menjadi Andri Rusmana dan Indra Kusumah. "Iya (nama yang diusulkan menjadi Andri Rusmana dan Indra Kusumah)," ujarnya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Sabtu (19/3/2022).

Namun, ia tidak merinci alasan perubahan nama-nama tersebut sebab tengah melaksanakan kegiatan. Sebelumnya, DPP PKS telah mengusulkan dua nama yang maju untuk mengisi kursi wakil wali Kota Bandung yang kosong yaitu Siti Muntamah dan Khairullah. Dua nama tersebut dibenarkan Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana beberapa waktu lalu.

"Katanya PKS sudah menyampaikan ada dua nama, dua nama itu SK dari DPP. Pernah terinformasikan ke saya yang disampaikan sama mereka yaitu Khairullah sama Siti Muntamah SK DPP PKS," kata Yana kepada wartawan di Balai Kota Bandung beberapa waktu lalu.

Kekosongan kursi wakil wali Kota Bandung disebabkan Yana Mulyana naik menjadi Plt Wali Kota Bandung karena Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia. Hingga saat ini tahapan yang sedang dijalankan yaitu pengusulan Plt Wali Kota Bandung menjadi definitif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement