Sabtu 03 Jul 2021 12:53 WIB

AS akan Sumbangkan 4 Juta Dosis Vaksin Moderna ke Indonesia

Amerika Serikat akan menyumbangkan empat juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia

Rep: Fergi Nadira Bach/ Red: Bayu Hermawan
Vaksin Covid-19 Moderna (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/MICHAEL SOHN
Vaksin Covid-19 Moderna (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Amerika Serikat (AS) akan menyumbangkan empat juta dosis vaksin Covid-19 dari Moderna ke Indonesia. Hal ini disepakati dalam pembicaraan penasihat keamanan Nasional AS Jake Sullivan dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi, Jumat (2/6).

"Sullivan mencatat bahwa Amerika Serikat akan menyumbangkan empat juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia, dan bahwa dosis ini akan dikirimkan melalui COVAX sesegera mungkin," ujar pernyataan Juru Bicara Penasihat Keamanan Nasional AS, Emily Horne dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri RI, Sabtu (3/7).

Baca Juga

Sullivan mengatakan, AS memberikan dukungan kepada Indonesia dalam memerangi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di sebagian besar wilayah RI. Selain itu, Sullivan dan Menlu Retno membahas rencana As untuk meningkatkan bantuan untuk upaya respons Covid-19 Indonesia yang lebih luar.

"Sullivan menyoroti pentingnya tempat pemerintahan Biden-Harris di Indonesia, Asia Tenggara dan mengakhiri pandemi secara lebih luas dan menjanjikan dukungan berkelanjutan dan keterlibatan tingkat tinggi," ujar Horne dalam pernyataanya.

Hingga saat ini RI telah menerima jutaan dosis dari fasilitas COVAX dari berbagai jenis vaksin. Pekan lalu, RI menerima 1.504.800 dosis vaksin Astrazeneca. Sebelumnya, pada Sabtu (5/6), Indonesia juga telah menerima 313.100 dosis vaksin Astra Zeneca. Pengiriman tersebut juga diperoleh melalui Covax Facility.

Menlu Retno merinci, dengan dua kedatangan vaksin Astra Zeneca pada 5 Juni dan 10 Juni, maka jumlah total vaksin Astra Zeneca dari Covax Facility yang diperoleh secara gratis adalah 8.228.400 dosis vaksin jadi. Pada Kamis lalu, RI juga menerima kembali Astra Zeneca 998.400 dosis vaksin.

Jika ditambahkan secara keseluruhan, maka jumlah total vaksin yang telah diterima Indonesia saat ini adalah 93.728.400 dosis. Rinciannya adalah dari Sinovac sebesar 84.500.000, Astra Zeneca 8.228.400, dan Sinopharm sebanyak 1 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement