Kamis 14 Dec 2023 22:35 WIB

Dinkes Sulbar Antisipasi Kasus Covid-19 Jelang Tahun Baru

Sejauh ini di Sulbar belum ada laporan kasus Covid-19.

Virus Covid-19 (ilustrasi). Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19 menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.
Foto: Pixabay
Virus Covid-19 (ilustrasi). Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19 menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19. Terlebih lagi, menjelang libur Natal 2023 dan malam pergantian Tahun Baru 2024 di daerah itu.

"Kami telah melakukan langkah antisipasi, kemungkinan penyebaran Covid-19 pada perayaan Natal, tahun baru dan saat Pemilu 2024," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar Drg Asran Masdy, di Mamuju, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga

Asran mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 yaitu dengan mengajukan permintaan vaksin dan swab antigen ke Kementerian Kesehatan. "Permintaan tersebut dilandasi imbauan dari Kemenkes atas adanya peningkatan kasus Covid-19, di beberapa wilayah di Indonesia" ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar masih memiliki stok vaksin, tetapi jumlahnya terbatas sehingga memerlukan tambahan sebagai bentuk kesiapsiagaan. "Stok masih ada tetapi terbatas sehingga kami mengajukan penambahan untuk langkah antisipasi," ujar Asran.

Di Provinsi Sulbar lanjutnya, belum ada laporan kasus Covid-19. "Kami mendapat informasi bahwa di Sulsel ada yang terkonfirmasi. Meskipun belum ada laporan untuk kasus di Sulbar namun perlu diantisipasi," katanya.

Ia menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi adanya lonjakan pengunjung yang masuk ke Sulbar saat natal dan tahun baru, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait, baik Dinas Perhubungan maupun kepolisian. "Alternatifnya, ketika perlu dilakukan pemeriksaan secara masif di pintu-pintu masuk Sulbar, akan dikoordinasikan dengan lintas sektor, baik kepolisian maupun Dinas Perhubungan dalam memeriksa pintu masuk Sulbar," jelas dia.

Sementara saat pemilu, Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar juga akan berkoordinasi dengan tim yang ada di setiap kabupaten. "Kita akan terus berkoordinasi tim di setiap kabupaten dan siap memfasilitasi ketika memerlukan pemeriksaan antigen atau vaksinasi, khususnya di setiap tempat pemungutan suara (TPS)," jelas dia.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar telah mengingatkan masyarakat di daerah itu untuk menerapkan protokol kesehatan, menyusul adanya lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah wilayah di Indonesia. Peringatan tersebut sebagai tindak lanjut dari imbauan Kementerian Kesehatan agar protokol kesehatan kembali diterapkan.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar juga meminta masyarakat agar memeriksakan diri ketika datang dari luar daerah, begitupun tamu dari luar daerah yang berkunjung ke Sulbar. "Kita berharap dengan kewaspadaan dan penerapan protokol kesehatan, dapat mencegah terpapar dan melindungi Sulbar dari Covid-19," kata Asran Masdy.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement