Senin 10 Feb 2020 17:02 WIB

Parasite Bawa Korea Selatan ke Panggung Film Dunia

Masyarakat Korea Selatan membanjir media sosial setelah Parasite menang di Oscar.

 Sutradara Parasite Bong Joon-ho memegang piala Oscar. Parasite memenangkan empat kategori di ajang Oscar, Senin (10/2), di Dolby Theater, Los Angeles.
Foto: AP
Sutradara Parasite Bong Joon-ho memegang piala Oscar. Parasite memenangkan empat kategori di ajang Oscar, Senin (10/2), di Dolby Theater, Los Angeles.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Indira Rezkisari, Umi Nur Fadhilah

Kemenangan Parasite di panggung Oscar membawa kebanggaan bagi publik Korea Selatan. Jutaan orang Korea Selatan tak ragu menyebut Bong Joon Ho sebagai pahlawan baru Korea.

Baca Juga

Media sosial Korea Selatan dibanjiri pernyataan bahagia merayakan kemenangan Parasite. Tak lama setelah Parasite diumumkan sebagai pemenang, Presiden Moon Jae-in membuat pernyataan lewat Twitter.

"Parasite menggerakkan pikiran dunia dengan cerita yang sangat Korea. Filmnya lucu sekaligus sedih. Juga menyegarkan dan luar biasa sebagai pesan sosial. Membuat kita berpikir ulang tentang inspirasi dan kekuatan dalam sebuah film," cicit Presiden Moon.

Ia mengatakan juga, pemerintah Korea akan selalu mendukung lingkungan agar profesional bidang film bisa mengekspresikan imajinasinya. "Dan membuat film tanpa ketakutan apapun."

Partai politik di Korea Selatan turut menyampaikan pula pernyataannya, dikutip dari Hollywood Reporter. Partai penguasa Korea, Minjoo, mengatakan babak baru di dunia film Korea telah terbuka. Partai tersebut mengatakan kemenangan Parasite di Oscar adalah momen bersejarah, menunjukkan film Korea sudah mencapai kelas dunia. Sekaligus menunjukkan kemampuan Korea di level dunia.

Juru Bicara bagi Partai Konservatif Baru, Ji Sang-wook, juga mengeluarkan pernyataan mengatakan kemenangan itu membawa kebahagiaan bagi Korea. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bong yang sudah memberikan keajaiban bagi masyarakat Korea.

"Kami berterima kasih pada sutradara Bong yang telah membuat film yang bagus yang bisa dirasa dekat dengan semua orang," katanya. "Akhirnya sebuah poster film Korea dengan trofi Piala Oscar tersedia di seluruh dunia."

Juru bicara Partai Demokrat dan Perdamaian Korea Selatan juga memuji Bong. Dia mengatakan, Parasite secara tegas menunjukkan karakter orang biasa dan kehidupan keluarga yang tumbang akibat polarisasi sosial dan ketidakadilan.

Parasite memang menjadi bintang dalam puncak malam penghargaan Oscar 2020. Parasite yang bercerita tentang kesenjangan ekonomi keluarga di Korea Selatan itu menjadi film non-Inggris pertama yang memenangkan penghargaan kategori film terbaik.

Dilansir di ABC News, Parasite merupakan film Korea Selatan menegangkan yang berfokus pada perbedaan kelas melalui hubungan keluarga Park dan Kim. Film tersebut juga memenangkan Oscar untuk penghargaan film internasional terbaik, skenario asli, dan sutradara terbaik.

Sutradara Bong Joon-ho  mengatakan, Parasite tak pernah ditulis untuk mewakili negaranya. Namun, film ini memang menggambarkan tentang Korea Selatan.

“Tapi ini sangat pribadi bagi Korea Selatan,” ungkap dia dilansir di laman The Guardian.

Bong yang memenangkan penghargaan sutradara terbaik untuk Parasite turut menyampaikan terima kasih yang tulus kepada sutradara legendaris, Martin Scorsese. “Ketika saya masih muda dan belajar di bioskop ada pepatah yang mengukir jauh ke dalam hati saya, bahwa yang paling pribadi adalah yang paling kreatif,” kata dia.

Bong mengatakan mendapat kutipan itu dari Martin Scorsese yang menurutnya sangat hebat. Dia mengisahkan ketika masih di sekolah, dia mempelajari film-film Martin Scorsese.

Menurut dia, bisa menjadi nominasi sebuah ajang penghargaan saja sudah merupakan sesuatu yang besar. Dia mengatakan tak pernah berpikir akan memenangkan pengharagaan itu.

photo
Para bintang film Parasite.

Bong juga mengucapkan terima kasih kepada sutradara Quentin Tarantino. Ketika orang-orang di Amerika Serikat tidak terbiasa dengan film-filmnya, Bong mengatakan Quentin selalu memasukkan film-filmnya dalam daftar tontonannya.

“Quentin, aku mencintaimu!” tambahnya dalam bahasa Inggris.

Bong juga mengucapkan terima kasih kepada para tim dan pemain film Parasite. Jika bisa, Bong ingin membagi bagian-bagian piala Oscar untuk timnya.

“Saya ingin memiliki gergaji Texas, membagi trofi Oscar menjadi lima dan membaginya dengan kalian semua,” kata Bong.

Parasite pertama tayang di Festival Film Cannes 2019. Film tersebut kemudian tayang di Indonesia pada pertengahan tahun 2019.

Di ajang British Academy Film Awards tahun lalu, Parasite memenangkan Best Original Screenplay dan Best Film Not in English Languange. Di Cannes Film Festival, Bong Joon-ho juga menerima penghargaan Palme d'Or.

Pada Golden Globe Parasite juga mendapatkan Best Foreign Languange Film. Sedang di SAG Awards, Parasite mendapatkan Outstanding Performance by a Cast in Motion Picture.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement