Jumat 04 Aug 2017 17:26 WIB

Puti Guntur: Bung Karno Santrinya Kiai Ahmad Dahlan

Puti Guntur Soekarno
Foto: Antara
Puti Guntur Soekarno

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Putri dari Guntur Soekarno, Puti Guntur Soekarno menyebut bahwa Bung Karno adalah santrinya Kiai Ahmad Dahlan.Pernyataan ini disampaikan dalam diskusi bertema "Meneguhkan Kembali Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara" bersama GP Anshor se-Priangan Timur, di Ciamis, Jawa Barat. Puti menyampaikan Bung Karno orang yang sangat menghormati spiritualitas dan religiusitas.

"Lama sekali Bung Karno diposisikan lebih kekiri-kirian, padahal kalau kata bapak saya pada saat di Surabaya jadi murid HOS Cokroaminoto pimpinan Sarekat Islam Bung Karno sempat jadi santrinya Kiai Ahmad Dahlan, bahkan ikut bantu ngajar ngaji santri lain," kata Puti, dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (4/8).

Bung Karno sangat menjunjung spiritualitas dan religiusitas. "Menurut cerita yang saya dengar dari Ibu Fatmawati, pada malam sebelum menyampaikan pidato 1 Juni 1945 Bung Karno bertafakur lama sekali untuk menyiapkan, esok paginya menyampaikan pidato tentang Dasar Negara Indonesia," ucap Puti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement