Ahad 28 May 2023 17:57 WIB

Swastoe Semarakan Reuni Akbar SMAN 1 Jakarta

Swastoe berupaya untuk menjadi teladan, memberikan inspirasi dalam berkesenian.

Swastoe saat semarakan Reuni Akbar SMAN 1.
Foto: istimewa/doc humas
Swastoe saat semarakan Reuni Akbar SMAN 1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komunitas Swara Seni Satoe (Swastoe) SMA Negeri 1 Jakarta (Budi Utomo)  ikut semarakan reuni akbar yang ke-X dengan tema 'Bahagianya Kita', pada Senin, 20 Mei 2023 lalu.

"Ini sebagai upaya membangun silaturahmi  antara para alumni  dan memberikan manfaat melalui kegiatan sosial oleh para alumni per angkatan untuk SMA Negeri 1,” kata Pembina sekaligus Pengarah Seni Swastoe, Puti Guntur Soekarno dalam keterangan persnya, Ahad (28/5/2023).

Menurut anggota Komisi X DPR  yang juga alumni Boedoet, reuni ini juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk saling bertukar kabar, berbagi pengalaman hidup, mengingat kembali kenangan masa sekolah dan menjaga kekompakan.

"Selain itu,kita menyemarakkan acara itu bersama dengan bintang tamu lainnya seperti RAN, Project Pop dan juga Fariz RM dengan membawakan sederetan tembang kenangan baik dari indonesia maupun mancanegara yang dikemas apik dalam enam segmen," kata Puti.

Cucu Bung Karno ini menjelaskan, acara dibagi beberapa segmen, pertama pembukaan reuni dibuka dengan paduan suara menyanyikan Mars Boedi Oetomo dalam aransemen Gregorian yang megah, gubahan penata musik, Trias Anugrah. Lalu dilanjutkan dengan Segmen nostalgia oleh kelompok vokal dengan membawakan medley lagu kenangan bertema masa sekolah.

"Swastoe menghadirkan lima orang wanita yang menyanyikan medley lagu para diva musik indonesia, disambung dua lagu rap, Bebas dan Malam Ini Indah pada segmen berikutnya yang juga menghadirkan kejutan dengan tampilnya Iwa K sebagai penyanyi aslinya,” papar Puti.

Acara tersebut diakhiri dengan paduan suara kembali hadir dan membawakan medley lagu-lagu dari band rock legendaris Queen dengan tiga penyanyi solo sebagai ujung tombaknya, serta konduktor Agus Yuwono dan  penampilan Swastoe yang menghadirkan kelompok-kelompok vokal yang tampil bergantian membawakan tembang disko mulai dari Bee Gees, ABBA, Earth Wind & Fire hingga Chrisye. Seluruh anggota Swastoe termasuk bintang tamu turut naik ke pentas dan menari bersama dalam alunan C.H.R.I.S.Y.E. dari Diskoria.

Dalam keterangan yang sama, Ketua Swastoe, Edy Nasution mengatakan bahwa Swastoe didirikan pada tanggal 7 Juni 2022 di Jakarta. Dibentuk dengan tujuan untuk terus menghidupkan kegiatan berkesenian para pencinta seni, terutama di kalangan alumni SMAN 1 Jakarta.

"Swastoe berupaya untuk menjadi teladan, memberikan inspirasi dan pembelajaran dalam berkesenian, baik bagi adik-adik kelas secara khusus maupun masyarakat luas pada umumnya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement