Kamis 12 Jan 2017 12:42 WIB

Massa Aksi Mahasiswa 121 Mulai Datangi Kawasan Patung Kuda Monas

Rep: Muhyiddin/ Red: Nur Aini
 BEM Seluruh Indenesia (BEM SI) menggelar aksi Bela Rakyat 121 di Patung Kuda Monas. Mereka akan melakukan Longmarch ke Istana Negara, Kamis (12/1).
Foto: Republika/Muhyiddin
BEM Seluruh Indenesia (BEM SI) menggelar aksi Bela Rakyat 121 di Patung Kuda Monas. Mereka akan melakukan Longmarch ke Istana Negara, Kamis (12/1).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jabodetabek mulai mendatangi titik kumpul aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda Kawasan Monas, Jakarta Pusat. Mereka menamakan demo tersebut 'Aksi Bela Rakyat 121'.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di lokasi, ratusan mahasiswa tersebut terlebih dahulu berkumpul di Patung Kuda, Monas. Tiba waktu shalat Zuhur, mereka melakukan shalat terlebih dahulu. Setelah itu, mereka akan melakukan longmarch ke depan Istana Presiden.

"Titik kumpul di sini (kawasan Patung Kuda). Insya Allah akan kita kawal saat mereka akan bergerak ke arah Istana di Taman Pandang," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Dwiyono saat ditemui di lokasi, Kamis (12/1).

Dwiyono mengatakan, pihaknya sudah siap mengamankan aksi tersebut dengan mengerahkan 2.088 personel. Sementara, terkait pengalihan arus lalu lintas dilakukan situasional. Dwiyono berharap, ratusan massa aksi tersebut dapat melaksanakan demonstrasinya dengan tertib dan aman. Berdasarkan aturan, mereka hanya diperkenankan melakukan aksi demo tersebut hingga pukul 18.00 WIB.

"Kita dekat dengan mahasiswa, mereka generasi penerus bangsa, mempunyai harapan dan keinginan. Kita sama-sama menyampaikan, dalam penyampaian aksi berjalan tertib. Mereka menyampaikan dari Depok, saya kan bekas Kapolres Depok juga. Merasa dekatlah, kita menunjukan kedekatan dengan mereka," kata Dwiyono.

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) hari ini melakukan unjuk rasa di 19 titik di wilayah se-Indonesia, tak terkecuali di ibu kota Jakarta. Massa diperkirakan sebanyak 750 orang mahasiswa turun ke jalan melakukan unjuk rasa di Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement