Kamis 12 Jan 2017 14:52 WIB

Aksi Bela Rakyat, Jalan Medan Merdeka Tersendat

Rep: Muhyiddin/ Red: Ilham
 BEM Seluruh Indenesia (BEM SI) menggelar aksi Bela Rakyat 121 di Patung Kuda Monas. Mereka akan melakukan Longmarch ke Istana Negara, Kamis (12/1).
Foto: Republika/Muhyiddin
BEM Seluruh Indenesia (BEM SI) menggelar aksi Bela Rakyat 121 di Patung Kuda Monas. Mereka akan melakukan Longmarch ke Istana Negara, Kamis (12/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa yang tergabung dalam Aksi Bela Rakyat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jabodetabek melakukan longmarch dari titik kumpul Patung Kuda menuju Istana Negara. Akibatnya, lalu lintas di Jalan Merdeka sempat tersendat dan mengantri panjang hingga satu kilometer untuk menuju arah Bundaran HI.

Pantauan Republika.co.id, Kamis (12/1), sekitar pukul 13.45 WIB, massa aksi tampak memenuhi jalan Medan Merdeka Barat. Hal itu membuat kemacetan di ruas jalan tersebut yang berasal dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Bundaran Patung Kuda.

Sementara, polisi terus melakukan pengaturan lalu lintas dan di sisi lain barisan long march juga mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Dwiyono. Ia turut berjalan di barisan paling depan massa aksi. "Insya Allah akan kita kawal saat mereka akan bergerak ke arah Istana di Taman Pandang," ujar Dwiyono sebelumnya.

Sementara itu, di Jalan Medan Merdeka Barat yang mengarah ke Jalan Hayam Wuruk, laju kendaraan untuk sementara bisa melewati jalur Transjakarta. Sebab, jalan reguler saat ini sedang dipakai untuk long march.

Seperti diketahui, aksi tersebut diklaim juga digelar serentak di 19 titik di wilayah Indonesia, antara lain Aceh, Padang, Riau, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Mataram, Gorontalo, Merauke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement