Ahad 21 Sep 2014 15:21 WIB

Badega Lembur, Nama Baru Untuk Hansip Purwakarta Yang Lebih Sejahtera (2 - Habis))

Rep: C71/ Red: Erdy Nasrul
Hansip.
Foto: Antara
Hansip.

REPUBLIKA.CO.ID, Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, mengaku hansip tetap dibutuhkan dalam banyak aspek lingkungan kemasyarakatan. Dedi menilai hansip patut dihargai karena menjadi abdi negara yang sesungguhnya meski tidak mendapatkan imbalan gaji yang besar dari pemerintah.

Untuk membalas peran hansip yang Dedi sebut telah mengabdi tanpa batas, ia pun berencana untuk melahirkan peraturan bupati (perbup) yang mengikuti konsep pacalang, petugas keamanan di desa adat Bali yang menggunakan seragam khas daerah.

Baca Juga

Selain itu, Dedi mengungkapkan 2800 anggota hansip atau linmas di Purwakarta akan ia selamatkan dengan memberikan kesempatan untuk menjadi penjaga sekolah.

Dedi menyebut karena anggaran untuk hansip berasal dari pemerintah daerah ia akan lebih memperhatikan kesejahteraan dengan menugaskan para Badega Lembur menjaga lingkungan dari berbagai masalah seperti pencurian, kebakaran, dan gangguan ketertiban umum.

“Saya mengundang (hansip) untuk menanyakan keluhan mereka. Walau peraturan di pusat tidak ada, kami akan mengambil keputusan baru dengan membentuk kelembagaan berdasarkan peraturan daerah," tegas Dedi.

Peran hansip selama ini diakui cukup berarti karena menimbulkan rasa aman bagi warga Purwakarta. Rizha Agvirafani (24 tahun), warga kelurahan Cisereuh, Purwakarta mengaku senang dengan hadirnya hansip yang selama ini menjaga keamanan di lingkungan rumahnya.

"Ya kan tidak semua orang mau ronda malam. Jadi terbantu dengan adanya pak hansip," kata Rizha.

Sedangkan bagi Didi (51), seorang hansip yang sudah bertugas selama 10 tahun di kelurahan tersebut mengaku cukup senang karena pekerjaannya tak akan hilang.

"Alhamdulillah masih dipertahankan, walaupun berganti nama," kata Didi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement