Senin 04 Feb 2013 23:07 WIB

Pengamat: SBY Gunakan Jero Wacik untuk Serang Anas

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Karta Raharja Ucu
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik Universitas Islam Negeri, Syarif Hidaytullah Jakarta, Gungun Heryanto percaya ada aktor lain yang mendorong Jero Wacik mendesak Anas Urbaningrum harus mundur sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Pasalnya, selama ini Jero dikenal sebagai pribadi yang jarang mengeluarkan pernyataan menyerang. “Kita tahu Pak Jero orang yang lembut dalam mengeluarkan pernyataan. Ketika dia mengemukakan pernyataan besifat agresif pasti ada elite lain yang mendorongnya,” kata Gungun ketika dihubungi ROL, Senin (4/2).

Gungun berpendapat aktor yang paling mungkin mendorong Jero menyerang Anas adalah Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurutnya, SBY menggunakan mulut Jero untuk menghindari konflik langsung dan terbuka dengan Anas. Betapapun, Anas masih memiliki pengaruh kuat di internal pengurus DPP dan DPD Partai Demokrat.

Saat ini konflik internal Partai Demokrat berada di tangan SBY. Keberanian SBY mengambil posisi tegas terhadap Anas akan memberi angin segar bagi kelompok anti-Anas meningkatkan intensitas serangan.

“Kata kuncinya adalah SBY. Kalau SBY mau berhadapan dengan Anas akan semakin memungkinkan gerakan anti-Anas mendapat ruang,” ujar Gungun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement