Sabtu 19 Jan 2013 21:16 WIB

Kemensos Siapkan Rp 400 Miliar untuk Bencana di 2013

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Mansyur Faqih
Bundaran HI yang tergenang air banjir, Jakarta,Kamis (17/1).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Bundaran HI yang tergenang air banjir, Jakarta,Kamis (17/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI SELATAN -- Kementerian sosial telah mengalosikan dana sebesar Rp 400 miliar untuk dana tanggap darurat 2013. Penggunaan dana tersebut sebagian besar akan digunakan dalam bentuk barang.

"Hampir 80 persen dana itu fisik. Seperti tenda, mobil rescue, mobil dapur umum, alat-alat dapur. Termasuk buffer stock yang ada di 33 Provinsi," kata Menteri Sosial Salim Segaf al Jufri saat meninjau posko pengungsian di Bekasi Selatan, Sabtu (19/1).

Ia menambahkan, buffer stock (cadangan penyangga) akan selalu siaga untuk bisa dikeluarkan saat terjadi bencana. Dana itu yang akan mendukung pemberian bantuan yang dilakukan pemerintah daerah saat terjadi bencana.

Saat terjadi bencana, ujarnya, daerah juga bisa memanfaatkan dana dekonsentrasi (dekon) yang dialokasikan di semua provinsi. Total dana dekon yang ada saat ini sebesar Rp 640 miliar.

"Untuk relawan jika masih kurang. Maka alokasinya bisa untuk tenaga tambahan. Seperti insentif dana dan pembelian berbagai peralatan dan kebutuhan. Sehingga dana tersebut selalu siap untuk digunakan," cetus dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement