Kamis 17 Oct 2024 18:56 WIB

Kapan Pastinya Prabowo Bertemu Megawati? Politikus PDIP: Jaga Saja di Pintu Gerbang

PDIP buka peluang untuk masuk ke dalam gerbong kabinet Prabowo.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bersilaturahim ke kediaman Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Senin (2/4).
Foto: Istimewa
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bersilaturahim ke kediaman Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Senin (2/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kapan pastinya pertemuan Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri hanya diketahui oleh segelintir orang.

Di internal PDI Perjuangan bahkan, kapan pertemuan dua tokoh penting tersebut hanya dapat diinformasikan oleh tiga orang. Dikabarkan Prabowo yang akan datang menemui Presiden ke-5 tersebut dalam waktu-waktu dekat ini.

Baca Juga

Politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengatakan, pertemuan Megawati dengan Prabowo merupakan upaya komunikasi politik tingkat tinggi untuk pemerintahan mendatnag. “Dijaga saja di pintu gerbang. Yang tahu pastinya (kapan pertemuan Megawati-Prabowo) hanya Mbak Puan Maharani, Mas Pramono Anung, dan Sekjen (Hasto Kristiyanto),” kata Hendrawan melalui pesan singkat kepada Republika, Kamis (17/10/2024). 

Ketika ditanya apakah pertemuan tersebut memang untuk membuka jalan agar PDI Perjuangan bergabung dalam pemerintahan Prabowo mendatang? Hendrawan mengatakan, semua kemungkinan bakal terjadi.  “Semua serba mungkin, dan masuk akal,” begitu ujar Hendrawan.

Sejak diumumkan sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo beberapa kali mewacanakan untuk menemui Megawati. Pertemuan tersebut bertujuan politik rekonsiliasi, sekaligus mengajak PDI Perjuangan untuk sama-sama di pemerintahan yang nantinya akan dipimpin oleh Prabowo.

Megawati, dalam Pilpres 2024 kemarin, berseberangan dengan Prabowo. PDi Perjuangan mengusung pencapresan Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Sejumlah elite PDI Perjuangan, beberapa kali mengungkapkan rencana pertemuan Megawati dengan Prabowo sebelum pelantikan presiden mendatang.

Prabowo bersama Gibran Rakabuming Raka, akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024 mendatang. Puan Maharani, salah-satu elite di PDI Perjuangan pernah mengungkapkan, Megawati yang akan bertemu Prabowo sebelum pelantikan 20 Oktober 2024 nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement