Rabu 16 Oct 2024 05:59 WIB

Spanyol Menang Mudah Atas Serbia, Amankan Tiket Perempat Final UEFA Nations League

Spanyol mengalahkan Serbia 3-0 meskipun sempat gagal mengeksekusi penalti.

Penyerang Spanyol Alvaro Morata (kiri) melompat ke arah rekannya Aymeric Laporte yang mencetak gol ke gawang Serbia dalam pertandingan sepak bola Grup A4 UEFA Nations League di Stadion Nuevo Arcangel, Cordoba, Rabu (16/10/2024) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Jose Breton
Penyerang Spanyol Alvaro Morata (kiri) melompat ke arah rekannya Aymeric Laporte yang mencetak gol ke gawang Serbia dalam pertandingan sepak bola Grup A4 UEFA Nations League di Stadion Nuevo Arcangel, Cordoba, Rabu (16/10/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara Eropa Spanyol mengklaim tempat di perempat final UEFA Nations League setelah meraih kemenangan kandang 3-0 atas Serbia di Stadion Nuevo Arcangel, Rabu (16/10/2024) dini hari WIB. Gol-gol kemenangan La Roja diciptakan Aymeric Laporte, Alvaro Morata, dan Alex Baena.

Dengan dua pertandingan tersisa, Spanyol telah mengamankan setidaknya posisi kedua saat mereka memuncaki Grup A4 dengan 10 poin, unggul tiga angka dari Denmark di posisi kedua dan enam poin dari Serbia. Sementara Swiss berada di posisi terbawah dengan satu poin setelah bermain imbang 2-2 di kandang sendiri dengan Denmark.

 

Spanyol kehilangan beberapa pemain dari tim yang mengalahkan Inggris 2-1 di final Euro 2024 pada bulan Juli lalu. Namun para pemain pengganti masih terlalu tangguh bagi Serbia. La Roja melepaskan 30 tembakan berbanding tiga dari tim tamu.

 

Laporte memberi Spanyol keunggulan dengan sundulan jarak dekat pada menit kelima. Morata, yang gagal mengeksekusi penalti pada menit ke-54, menambah keunggulan Spanyol dengan tendangan dari dalam kotak penalti setelah 65 menit.

 

Pemain Serbia Strahinja Pavlovic menerima kartu merah langsung karena melakukan pelanggaran terhadap Mikel Oyarzabal di tepi area penalti pada menit ke-78. Baena melepaskan tendangan bebas melengkung yang indah ke sudut atas gawang untuk memastikan kemenangan mudah bagi Spanyol.

 

"Kami berada di babak final turnamen besar dan itu adalah sesuatu yang patut dibanggakan," kata kapten Morata kepada televisi publik Spanyol TVE, dikutip Reuters.

 

"Kelihatannya mudah karena kami selalu berada di babak final, tetapi tentu saja tidak, jadi kami harus memahami betapa istimewanya itu dan memberinya nilai yang pantas."

 

Ia mengatakan, Spanyol punya sejumlah pemain yang cedera dan kehilangan mereka. Namun sisi positifnya, para pemain muda yang tampil memberikan jawaban.

"Apa yang telah kami ciptakan adalah hal yang istimewa dan kami harus terus maju. Spanyol memiliki masa depan yang luar biasa," kata Morata.

 

Spanyol mengalahkan Denmark 1-0 pada akhir pekan lalu tanpa Dani Carvajal dan Rodri karena cedera lutut yang serius. Mereka juga tanpa pemain kunci seperti Nico Williams, Dani Olmo dan Robin Le Normand juga absen. Belakangan, tim asuhan Luis de la Fuente menghadapi Serbia tanpa pemain remaja sensasional Lamine Yamal, yang cedera saat melawan Denmark.

 

Namun La Roja masih bisa mudah mengalahkan Serbia dan mengamankan kemenangan ketiga berturut-turut di Grup A4 untuk meraih posisi dua teratas. Spanyol menjadi tim kedua yang mengamankan tempat perempat final setelah Jerman yang lolos sehari sebelumnya.

 

Setelah Laporte menyundul gol pembuka dari umpan silang Pedro Porro, Spanyol menyia-nyiakan beberapa peluang, termasuk penalti untuk handball oleh Veljko Birmancevic yang ditepis Morata di atas mistar gawang.

 

Baru pada menit ke-20 babak kedua mereka memperlebar keunggulan saat Morata mencetak gol pertama kali dengan bagian dalam kaki kirinya. Ia memanfaatkan umpan terobosan dari Fabian Ruiz sebelum Baena memastikan kemenangan dengan tendangan bebas yang hebat.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement