Senin 14 Oct 2024 18:44 WIB

Calon Menteri Ikut Pembekalan di Hambalang Besok, Gibran Ikut

Pemanggilan calon menteri oleh Presiden Terpilih Prabowo, Senin, tak dihadiri Gibran.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memberikan keterangan di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memberikan keterangan di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Terpilih Prabowo Subianto mulai memanggil sejumlah calon menterinya ke kediaman pribadi di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Senin (14/10/2024). Pantauan Republika.co.id di lokasi sejak siang hingga petang hari, sedikitnya 30-an elite politik dan tokoh sudah menghadap Prabowo.

Namun dalam pemanggilan para calon anggota kabinet pemerintahan 2024-2029, tak terlihat Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. Ketua Harian DPP Partai Gerindra. Sufmi Dasco Ahmad yang ikut mengantarkan calon menteri bertemu Prabowo mengakui, pemanggilan sejumlah orang itu diproyeksikan untuk mengisi pos kabinet mendatang.

Baca Juga

"Ya. Iya. Untuk yang wakil menteri itu hari Rabu (16/10/2024)," kata Dasco kepada wartawan di Rumah Kertanegara, Jaksel, Senin.

Namun, ketika ditanya apakah Prabowo turut ditemani Gibran dalam perbincangan dengan para calon menteri, Dasco menghindari memberi jawaban. Wakil ketua DPR RI tersebut malah menyampaikan Prabowo baru akan membawa partisipasi Gibran pada pembekalan calon menteri terpilih pada Selasa (15/10/2024).

"Besok (Selasa) ada agenda pembekalan calob menteri di Hambalang. Di agendakan wapres terpilih (Gibran) akan hadir di sana," ujar Dasco.

Sejak siang sampai dengan lepas petang, terpantau sedikitnya 30-an tokoh dan elite partai politik (parpol) yang dipanggil Prabowo. Dasco mengakui, puluhan yang dipanggil tersebut adalah para calon menteri yang membantu Prabowo dalam pemerintahan mendatang.

Tetapi, kata Dasco, mereka yang dipanggil tersebut, belum dapat dipastikan apakah benar-benar akan ditunjuk sebagai menteri. "Ada yang pasti, dan ada yang masih dipertimbangkan," kata Dasco.

Menurut dia, tanda mereka yang sudah dipastikan ditunjuk sebagai menteri oleh Prabowo, yang keluar menemui wartawan dengan raut muka gembira. "Kalau yang keluar raut mukanya cerah-cerah ya alhamdulillah," ujar Dasco. Dari sedikitnya 30-an nama yang dipanggil oleh Prabowo, ada sejumlah ketua umum parpol.

Ketum parpol adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Bahlil Lahadalia, Abdul Muhaimin Iskandar, dan Zulkifli Hasan. Beberapa nama lain yang dipanggil merupakan tim sukses pencapresan Prabowo. Beberapa profesional dan politikus muda juga turut menghadap. Termasuk beberapa tokoh perempuan, dan akademisi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement