Kamis 10 Oct 2024 20:28 WIB

LIMA Basketball 2024 Digelar di Empat Kota, Terapkan Promosi Degradasi

LIMA 2024 digelar di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Konferensi pers LIMA Basketball 2024.
Foto: REPUBLIKA/Fitriyanto
Konferensi pers LIMA Basketball 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liga Mahasiswa (LIMA) kembali menyelenggarakan kompetisi basket paling bergengsi di kalangan mahasiswa, LIMA Basketball 2024. Tahun ini, LIMA Basketball akan digelar di empat kota besar Indonesia. Sebanyak dua divisi untuk putra disiapkan dengan menerapkan sistem promosi dan degradasi (promdeg) agar laga berjalan lebih kompetitif.

Rangkaian pertandingan akan berlangsung di Jakarta dan Surabaya pada 12-19 Oktober 2024, serta di Bandung dan Yogyakarta pada 9-16 November 2024. Puncaknya, The Finals akan diselenggarakan pada 11-14 Desember 2024.

Baca Juga

Tahun ini menjadi istimewa karena untuk pertama kalinya, LIMA Basketball memperkenalkan format dua divisi untuk tim basket putra. Inovasi ini diharapkan dapat memberikan lebih banyak kesempatan bagi tim-tim untuk bersaing dan berkembang sesuai levelnya.

Divisi 1 akan diikuti oleh delapan tim putra terbaik, di mana dua tim teratas dari setiap regional akan melaju ke babak The Finals. Sementara itu, dua tim terbawah akan terdegradasi ke Divisi 2 pada musim kompetisi berikutnya. Divisi 2 menjadi ajang bagi tim-tim yang ingin membuktikan diri, di mana dua tim teratas akan mendapat promosi ke Divisi 1 untuk musim kompetisi tahun depan.

Dalam persiapannya, Direktur LIMA Junas Miradiarsyah menyatakan optimisme dan antusiasmenya terhadap kesuksesan penyelenggaraan tahun ini. "Kami sangat siap menyambut LIMA Basketball 2024 dengan format baru dua divisi untuk tim putra. Ini langkah penting bagi pengembangan kompetisi, karena memungkinkan tim-tim yang baru muncul untuk berkompetisi lebih kompetitif dan memberikan kesempatan bagi talenta muda untuk berkembang di liga yang lebih sesuai dengan level mereka. Kami berharap, melalui format ini, setiap tim bisa menunjukkan potensi terbaiknya," kata Junas dalam konferensi pers pada Kamis (10/10/2024).

LIMA 2024 akan didukung oleh Bank Mandiri. Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman mengungkapkan, Bank Mandiri sejak awal konsisten mendukung perkembangan olahraga nasional khususnya pengembangan atlet Indonesia, baik di kancah nasional maupun internasional.

"Dengan mendukung olahraga, terutama basket, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam mencetak calon atlet profesional yang berbakat di Indonesia," ungkap Ali.

Bank Mandiri berharap dengan dukungan ke LIMA, akan semakin banyak atlet muda Indonesia yang terinspirasi dan termotivasi untuk meraih prestasi tertinggi.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi memberi apresiasi dengan lebih banyak kampus yang terlibat. Ia berharap ke depannya akan lebih banyak lagi. "Apresiasi atas pesatnya kemajuan dari Liga Mahasiswa, peminat Liga Mahasiswa semakin bertambah,” kata Nirmala.

Pemain IBL masih diperbolehkan untuk ikut LIMA, tapi maksimal baru dua tahun di kompetisi basket teratas Tanah Air itu. Datu kampus bisa mendaftarkan lima pemain, tapi hanya dua pemain IBL yang bisa bermain bersamaan di lapangan.

Pemain IBL untuk klub RANS Simba Bogor LIMA Daniel Salamena yakin kampusnya Perbanas bisa meraih threepeat musim ini. “Meski ada banyak rookie, kami siap memberikan yang terbaik untuk mempertahankan gelar juara,” ujarnya.

Dia juga menekankan pentingnya chemistry tim. “Kami mudah terhubung satu sama lain di lapangan, jadi saya yakin dengan kekompakan dan kemampuan tim untuk mempertahankan gelar,” kata Daniel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement