Rabu 09 Oct 2024 08:12 WIB

Proyek Rahasia Nimbus, Dukungan Google ke Israel, dan Perlawanan dari para Pekerja

Para pekerja melakukan perlawanan terhadap dugaan Proyek Nimbus Google dukung Israel.

Google
Foto: EPA-EFE/HANNIBAL HANSCHKE
Google

REPUBLIKA.CO.ID, Hari masih pagi, dan Zelda Montes berjalan dengan cepat menembus udara New York yang sejuk saat mereka menuju ke kantor pusat Google di 9th Avenue, Manhattan.

Montes, yang mengidentifikasi diri sebagai dirinya sendiri, meraba-raba kartu identitas di pintu masuk, berbaur dengan para karyawan Google yang melewati pemeriksaan keamanan seolah-olah ini hanyalah hari biasa di kantor.

Baca Juga

Berbekal tas jinjing, Montes menyibak rambut  dan menuju ke kantin di lantai 13 untuk memesan makanan yang biasa dipesan, telur, alpukat, dan sandwich keju dengan semangkuk raspberry. Tangannya sedikit gemetar saat menggenggam cangkir kopi.

Sambil bertatapan dengan dua orang lain, mereka mendapat sinyal bahwa situasi sudah aman. Mereka menuju pintu masuk dan duduk.

Googler membentangkan spanduk dan mulai meneriakkan tuntutan agar Google melakukan satu hal: 'Hentikan Project Nimbus'.

Namun sertinya ini akan menjadi yang terakhir kalinya bagi Montes dan rekan-rekan yang menggelar aksi untuk duduk di dalam kantor Google di New York sebagai Googlers, sebutan yang diberikan oleh Google kepada para karyawannya.

“Dipecat terasa seperti sebuah kemungkinan tapi tidak pernah menjadi kenyataan,” ujar Montes, salah satu dari 50 karyawan yang dipecat oleh Google karena melakukan aksi mogok kerja selama 10 jam di salah satu kantor Google di Amerika Serikat pada April lalu, seperti dilansir dari laman Middle East Eye. 

Selama tiga tahun terakhir, Montes telah menjadi salah satu dari beberapa aktivis yang menyerukan agar Google membatalkan Project Nimbus, sebuah kerja sama Google dan Amazon dengan otoritas Israel yang dilaporkan bernilai 1,2 miliar dolar AS.

Baca lengkap artikel, https://www.middleeasteye.net/big-story/battle-inside-google-over-company-support-israel-military

Kemitraan yang berfokus pada komputasi awan ini menyediakan layanan untuk berbagai cabang pemerintahan Israel, termasuk kementerian pertahanan dan tentara.

Google, yang belum menanggapi pertanyaan yang dikirim oleh MEE sebelum artikel ini diterbitkan, telah menegaskan dalam pernyataan sebelumnya bahwa Nimbus tidak ditujukan untuk pekerjaan yang sangat sensitif, rahasia, atau militer yang berkaitan dengan senjata atau layanan intelijen.

Namun bekerja secara diam-diam, beberapa Googler - dulu dan sekarang dari seluruh dunia - telah secara aktif mencoba mengorganisir para pekerja untuk menekan perusahaan agar menghentikan Nimbus dan mengungkapkan sejauh mana keterlibatannya dengan tentara Israel.

Sejak Israel memulai perangnya di Gaza, menyusul serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, yang telah menewaskan lebih dari 41 ribu orang warga Palestina, seruan untuk menghentikan Nimbus semakin meningkat.

Beberapa karyawan telah melakukan protes fisik dan virtual terhadap kesepakatan tersebut karena kekhawatiran bahwa Google memungkinkan Israel untuk menggunakan pekerjaan mereka, terutama yang melibatkan teknologi kecerdasan buatan, untuk aksi genosida yang sedang berlangsung.

Namun, beberapa karyawan mengatakan bahwa mereka telah mendapat tindakan keras dari Google. Perusahaan telah menyangkal klaim dari para aktivis bahwa teknologinya telah terlibat atau berperan dalam kampanye brutal Israel di Gaza dan pendudukan yang sedang berlangsung di Tepi Barat. yang dianggap ilegal oleh Mahkamah Internasional.

Kekhawatiran yang diabaikan oleh Google

Montes, seperti banyak rekan kerja lainnya di berbagai bagian perusahaan, memulai dari hal kecil dengan mengajukan pertanyaan dan kekhawatiran tentang apakah Israel menggunakan pekerjaan mereka untuk melancarkan perangnya di Gaza di dalam tim mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement