Kamis 26 Sep 2024 15:16 WIB

Pengamat Sebut Kerja Sama PSSI dan KNVB akan Menguntungkan Indonesia

Belanda dikenal sebagai negara yang sepak bolanya sudah maju.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) saat penandatanganan kerja sama dengan KNVB untuk pembinaan pemain dan pelatih sepak bola Indonesia.
Foto: dok PSSI
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) saat penandatanganan kerja sama dengan KNVB untuk pembinaan pemain dan pelatih sepak bola Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerja sama antara PSSI dan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB/Koninklijke Nederlandse Voetbalbond) akan menguntungkan sepakbola Indonesia. Hal tersebut diungkapkan pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo.

Menurut Kesit, ini merupakan kerja sama yang sangat bagus, mengingat KNVB merupakan salah satu federasi sepak bola Eropa yang maju. "Belanda dikenal sebagai negara yang sepak bolanya sudah maju dan punya program pembinaan yang bagus serta liga yang baik dan profesional. Jelas, ini merupakan keuntungan bagi PSSI karena bisa menjalin kerja sama tersebut," ungkap Kesit yang juga Ketua PWI DKI Jakarta ketika dihubungi Republika.co.id, Kamis (26/9/2024).

Baca Juga

Menurut Kesit, program-program pembangunan sepak bola Indonesia bisa lebih diintensifkan. Termasuk makin besarnya peluang banyaknya pertandingan persahabatan timnas Indonesia melawan timnas Belanda di berbagai level usia.

"Sangat mungkin. Semua level timnas Indonesia menurut saya akan bisa mendapatkan kesempatan untuk saling menjajal kemampuan. Yang pasti, Indonesia yang lebih banyak mendapat keuntungan dengan kerjasama ini," kata dia.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut dengan tangan terbuka tawaran kerja sama yang diberikan KNVB untuk percepatan prestasi sepak bola Indonesia. Menurut Erick, konsistensi prestasi juara Piala Eropa 1988 itu dan pembinaan terstruktur di berbagai level usia pemain di Belanda, menjadi dasar kolaborasi antara dua federasi yang sebenarnya memiliki hubungan historis panjang.

"Ini kelanjutan dari pertemuan pada bulan Mei lalu, yakni PSSI dan KNVB sepakat untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat antara asosiasi masing-masing untuk keuntungan bersama, perkembangan promosi, dan kesuksesan sepak bola yang berkelanjutan di setiap negara. Indonesia tentu yang akan banyak belajar, dan saya senang karena KNVB siap membantu dan memberikan apa yang kami butuhkan," ujar Erick di Jakarta saat menerima tiga orang perwakilan KNVB, Rabu (25/9/2024)

Ia menambahkan, dalam kunjungan pejabat KNVB yang diwakili oleh Gijs de Jong sebagai Secretary General - KNVB, lalu Michael van der Star (Head of International Program & WorldCoaches) dan Ruud van der Sar (Head of Sales, New Partnership) juga ditandatangani nota kesepakatan untuk mempromosikan sepak bola di berbagai level internasional.

"Salah satu poin dari kemitraan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman tim nasional Indonesia di semua kelompok umur baik putra maupun putri. Dengan fokus utama pada peningkatan kualitas pemain bertalenta dan berusia muda, kami optimistis akan banyak pemain berbakat Indonesia kian berkembang melalui kerjasama ini," lanjut Erick

Selain PSSI dan KNVB akan rutin mempertemukan timnas kedua negara dalam laga-laga persahabatan. Erick juga menyatakan babak baru kerja sama antara PSSI dan KNVB juga difokuskan pada berbagai proyek pengembangan. Salah satunya, pendidikan pelatih sepak bola Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement