Rabu 25 Sep 2024 16:31 WIB

PSSI Teken MoU dengan KNVB, Laga Persahabatan Indonesia Vs Belanda Bakal Rutin Digelar

KNVB akan membantu pengembangan pemain dan pelatih dari Indonesia.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) saat penandatanganan kerja sama dengan KNVB untuk pembinaan pemain dan pelatih sepak bola Indonesia.
Foto: dok PSSI
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) saat penandatanganan kerja sama dengan KNVB untuk pembinaan pemain dan pelatih sepak bola Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut dengan tangan terbuka tawaran kerja sama yang diberikan Federasi Sepakbola Belanda (KNVB/Koninklijke Nederlandse Voetbalbond) untuk percepatan prestasi sepak bola Indonesia.

Menurut Erick, konsistensi prestasi juara Piala Eropa 1988 itu dan pembinaan terstruktur di berbagai level usia pemain di Belanda, menjadi dasar kolaborasi antara dua federasi yang sebenarnya memiliki hubungan historis panjang.

Baca Juga

"Ini kelanjutan dari pertemuan pada bulan Mei lalu. PSSI dan KNVB sepakat untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat antara asosiasi masing-masing untuk keuntungan bersama, perkembangan promosi, dan kesuksesan sepak bola yang berkelanjutan di setiap negara. Indonesia tentu yang akan banyak belajar, dan saya senang karena KNVB siap membantu dan memberikan apa yang kita butuhkan," ujar Erick di Jakarta saat menerima tiga orang perwakilan KNVB, Rabu (25/9/2024)

Ia menambahkan, dalam kunjungan pejabat KNVB yang diwakili oleh Sekjen Gijs de Jong, Kepala Program Internasional dan Pelatih Dunia Michael van der Star, dan Kepala Penjualan dan Kemitraan Baru Ruud van der Sar, juga ditandatangani nota kesepakatan untuk mempromosikan sepak bola di berbagai level internasional.

"Salah satu poin dari kemitraan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman tim nasional Indonesia di semua kelompok umur baik putra maupun putri. Dengan fokus utama pada peningkatan kualitas pemain bertalenta dan berusia muda, kami optimistis akan banyak pemain berbakat Indonesia kian berkembang melalui kerja sama ini," lanjut Erick

Selain PSSI dan KNVB akan rutin mempertemukan timnas kedua negara dalam laga-laga persahabatan. Erick juga menyatakan babak baru kerja sama antara PSSI dan KNVB juga difokuskan pada berbagai proyek pengembangan. Salah satunya, pendidikan pelatih sepak bola Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement