Rabu 18 Sep 2024 12:07 WIB

Pejuang Palestina Bangkit di Rafah, Empat Tentara IDF Tewas

Klaim Israel berhasil memusnahkan pejuang di Rafah terbantahkan.

Tentara Israel dengan kendaraan militer berkumpul di posisi yang dirahasiakan di dekat pagar perbatasan dengan Jalur Gaza, di Israel selatan, 9 Mei 2024.
Foto: EPA-EFE/ABIR SULTAN
Tentara Israel dengan kendaraan militer berkumpul di posisi yang dirahasiakan di dekat pagar perbatasan dengan Jalur Gaza, di Israel selatan, 9 Mei 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Empat tentara Israel termasuk seorang perwira tewas dan beberapa lainnya terluka akibat serangan pejuang Palestina di Rafah, selatan Gaza pada Selasa (17/9/2024) sore. Serangan itu menyangkal klaim Israel bahwa mereka telah berhasil menaklukkan pejuang Palestina di wilayah tersebut.

Times of Israel melansir pengumuman pasukan penjajahan Israel bahwa yang tewas adalah tiga tentara berpangkat staf sersan dan satu perwira berpangkat kapten. Perwira tersebut adalah wakil komandan kompi di Batalyon Shaked Brigade Givati, dari Moreshet. 

Baca Juga

Tentara lainnya yang tewas juga tergabung dalam Brigade Givati. Brigade yang dibentuk pada 1947 itu berperan mengusir penduduk Palestina dalam peristiwa Nakba pada 1948.

Dalam insiden yang sama di mana empat prajurit tewas, seorang perwira dan dua prajurit di Batalyon Shaked terluka parah, dan dua prajurit batalyon lainnya terluka sedang.

Kematian mereka menambah jumlah korban Israel dalam serangan darat terhadap Hamas di Gaza dan dalam operasi militer di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza menjadi 348 orang. Salah seorang yang tewas juga adalah tentara perempuan yang pertama terbunuh dalam serangan Israel ke Jalur Gaza. Dalam insiden terpisah, seorang petugas di Unit Pengintaian Brigade Givati ​​terluka parah akibat tembakan RPG di Rafah.

Israel mulai melakukan serangan ke Rafah, menentang peringatan dari berbagai negara, pada Mei 2024 lalu. Daerah ini pernah menjadi rumah bagi sekitar 1,4 juta orang, lebih dari setengah populasi Gaza. Banyak dari mereka mengungsi dari wilayah utara wilayah kantong tersebut setelah Israel melancarkan serangan militer menyusul serangan teror Hamas pada 7 Oktober.

Saat ini, Rafah sudah tidak bisa dihuni, bangunan-bangunannya hancur dan menghitam. Hanya gundukan beton dan logam bengkok yang tersisa. Kehancuran yang disebabkan pasukan Israel nyaris mutlak.

NBC News melaporkan, pada Jumat pekan lalu tidak ada warga sipil yang terlihat, hanya beberapa kucing. Tembakan sporadis dan suara dengung aneh di atas kepala memecah kesunyian yang mencekam.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis pekan lalu bahwa mereka telah “membubarkan” brigade Hamas di kota Rafah dan membunuh lebih dari 2.000 pejuangnya dalam serangan tersebut. Ia menambahkan bahwa mereka telah menghancurkan sekitar 8 mil “rute terowongan bawah tanah” yang digunakan oleh kelompok perlawanan itu dan terus menghancurkan lebih banyak terowongan tersebut. 

Namun ketika ditanya apakah Israel akan meninggalkan kota tersebut, yang memiliki populasi sekitar 250.000 jiwa sebelum perang, Hagari mengatakan Israel “memiliki beberapa rencana untuk perang,” namun keputusan akan dibuat oleh pemerintah Israel. IDF sebelumnya telah memasuki kembali wilayah Gaza setelah Hamas berkumpul kembali di wilayah yang diklaim telah mereka bersihkan dari pejuang Palestina.

Kegagalan Israel di Gaza... baca halaman selanjutnya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement