Rabu 18 Sep 2024 07:35 WIB

Hizbullah Janjikan Pembalasan atas Teror Pager Israel

Sembilan meninggal akibat ledakan serentak ratusan pager di Lebanon.

Petugas pertolongan pertama Pertahanan Sipil membawa seorang pria yang terluka setelah pager genggamnya meledak, di kota pelabuhan selatan Sidon, Lebanon, Selasa, 17 September 2024.
Foto: AP Photo
Petugas pertolongan pertama Pertahanan Sipil membawa seorang pria yang terluka setelah pager genggamnya meledak, di kota pelabuhan selatan Sidon, Lebanon, Selasa, 17 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT – Hizbullah telah bersumpah untuk melakukan pembalasan terhadap Israel setelah pager yang digunakan oleh anggotanya meledak di seluruh Lebanon secara bersamaan pada Selasa sore. Ledakan itu menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai hampir 3.000 orang dalam serangan dramatis dan belum pernah terjadi sebelumnya pada saat ketegangan meningkat di Timur Tengah.

“Ini bukan target keamanan yang menargetkan satu, dua, atau tiga orang. Ini menyasar seluruh bangsa,” kata pejabat senior Hizbullah Hussein Khalil sambil menyampaikan belasungkawa atas putra salah satu pimpinan Hizbullah yang syahid akibat serangan teror Israel tersebut. Hizbullah menyatakan pembalasan akan datang dari tempat yang tak diduga Israel.

Baca Juga

Belum ada komentar langsung dari militer Israel mengenai ledakan tersebut, yang terjadi hanya beberapa jam setelah Israel mengumumkan pihaknya memperluas tujuannya dalam perang yang dipicu oleh serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober dengan memasukkan perjuangannya melawan Hizbullah di sepanjang perbatasan dengan Lebanon.

The Guardian melansir, Menteri Kesehatan Lebanon, Firass Abiad, mengatakan ledakan pada hari Selasa itu juga menewaskan seorang gadis berusia 10 tahun. Dia mengatakan pada konferensi pers: “Sekitar 2.750 orang terluka … lebih dari 200 di antaranya dalam kondisi kritis,” dengan sebagian besar cedera dilaporkan pada wajah, tangan dan perut.

Serangan sabotase ini terjadi setelah berbulan-bulan pembunuhan yang ditargetkan oleh Israel terhadap para pemimpin senior Hizbullah. Hal ini terjadi ketika para pejabat AS berusaha meredakan ketegangan antara kedua belah pihak dan tetap khawatir bahwa Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dapat memerintahkan invasi darat ke Lebanon.

Hal ini mengancam akan menggagalkan upaya AS untuk mencegah Iran, yang mendukung milisi Syiah Lebanon, melakukan pembalasan terhadap Israel atas pemboman bulan Juli di Teheran yang menewaskan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh. Ledakan tersebut tampaknya mengeksploitasi pager berteknologi rendah yang diadopsi Hizbullah untuk mencegah pembunuhan yang ditargetkan terhadap anggotanya, yang dapat dilacak melalui sinyal telepon seluler.

Mereka yang terluka dalam serangan itu termasuk duta besar Iran untuk Beirut, Mojtaba Amani, menurut laporan. Hal ini juga meningkatkan ketegangan antara Israel dan Hizbullah, mengganggu ketenangan yang tidak nyaman yang terjadi selama tiga minggu terakhir ketika kedua belah pihak tampaknya mundur dari ambang perang regional setelah Hizbullah memberikan tanggapan terbatas pada akhir Agustus terhadap pembunuhan Israel terhadap kelompoknya. komandan militer tertinggi, Fuad Shukur, di Beirut.

Menteri Penerangan Lebanon menyebut ledakan tersebut sebagai tindakan “agresi Israel”. Hizbullah mengatakan dua pejuangnya termasuk di antara korban tewas dan mengancam “hukuman yang adil” bagi Israel. Laporan media selanjutnya menyebutkan putra anggota parlemen Hizbullah Ali Ammar juga tewas dalam ledakan tersebut.

Pejuang Hizbullah di Suriah juga terluka dalam serangan itu, dan beberapa diantaranya dirawat di rumah sakit di Damaskus, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris. Saberin News yang berafiliasi dengan Garda Revolusi Iran melaporkan bahwa beberapa penjaga di Suriah juga terbunuh. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller, mengatakan “terlalu dini untuk mengatakan” bagaimana hal ini akan mempengaruhi perundingan gencatan senjata di Gaza.

Dia mengatakan dalam sebuah pengarahan bahwa AS tidak terlibat dan tidak tahu siapa yang bertanggung jawab. Hamas menggambarkan serangan itu sebagai “eskalasi” yang akan menyebabkan kekalahan Israel. Laporan media Israel pada Selasa malam mengatakan Netanyahu, menteri pertahanan, Yoav Gallant, dan kepala keamanan lainnya berkumpul di markas besar kementerian pertahanan di pangkalan Kirya di Tel Aviv setelah ledakan tersebut.

Militer Israel mengatakan para komandan senior telah mengadakan penilaian situasi “berfokus pada kesiapan dalam serangan dan pertahanan di semua arena” namun tidak ada perubahan dalam instruksi kepada warga sipil. Komando garis depan Pasukan Pertahanan Israel mengatakan kepada pihak berwenang setempat bahwa ada kemungkinan eskalasi setelah insiden tersebut.

Sumber Hizbullah mengatakan mereka yakin serangan itu adalah respons terhadap dugaan upaya pembunuhan oleh milisi Syiah terhadap mantan pejabat tinggi pertahanan Israel, yang diungkapkan pada hari Selasa oleh badan keamanan Israel Shin Bet.

Mereka menuduh Hizbullah berusaha membunuh seorang mantan pejabat keamanan dengan menggunakan ranjau anti-personel tanah liat yang dapat diledakkan dari jarak jauh, menerbitkan foto-foto bom yang dibongkar dan kabel-kabel yang dibungkus dengan selotip yang diklaim menunjukkan bahwa serangan itu dapat dicegah pada “tahap akhir”. Hizbullah belum mengomentari dugaan upaya pembunuhan tersebut.

Serangan tersebut merupakan ketiga kalinya Beirut menjadi sasaran sejak awal permusuhan antara Israel dan Hizbullah pada 8 Oktober. Milisi Lebanon telah meluncurkan roket ke Israel sehari sebelumnya, “sebagai solidaritas” dengan warga Gaza yang dibombardir Israel sejak setahun lalu.

Rumah sakit di seluruh Lebanon kewalahan dengan masuknya pasien, dan sebuah rumah sakit lapangan didirikan di kota Tirus di selatan untuk menampung korban luka. Suara sirene ambulans terus terdengar di ibu kota Lebanon lebih dari tiga jam setelah serangan awal. Video pasien, termasuk anak-anak, dengan tangan hancur, luka menganga di sisi tubuh dan kepala diperban beredar di media sosial Lebanon. Seorang dokter di rumah sakit Geitawi Beirut mengatakan ruang gawat darurat merawat “beberapa pasien kritis”. Sumber keamanan senior mengatakan pager di seluruh negeri meledak, terutama melukai anggota Hizbullah. Mereka menambahkan bahwa badan-badan keamanan akan menyelidiki bagaimana serangan canggih itu dilakukan, namun pasukan saat ini sibuk memastikan orang-orang yang terluka dapat mencapai rumah sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement