Ahad 01 Sep 2024 08:43 WIB

Prabowo Cerita Dapat Salam dari Megawati Melalui Menpan-RB, Apa Pesannya?

Salam dari Megawati untuk Prabowo disampaikan melalui Azwar Anas.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bersalaman dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat Upacara HUT Ke-76 Bhayangkara di Kampus Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).
Foto:

Azwar Anas mengatakan, Megawati tak bisa hadir langsung dalam kegiatan Partai Gerindra. Namun, Megawati disebut sempat menitipkan salam kepadanya untuk Prabowo. "Kemarin, saya sebelum berangkat, Ibu (Megawati) menyampaikan salam hormat," kata Azwar.

Ia mengaku telah melapor kepada Megawati terkait undangan Partai Gerindra kepadanya sebagai menteri. Karena itu, Megawati menitipkan salam kepadanya untuk disampaikan kepada Prabowo.

Megawati juga menyampaikan permintaan maaf karena tak bisa hadir langsung untuk memenuhi undangan Partai Gerindra. Pasalnya, saat ini Megawati masih mengurus rekomendasi para bakal calon kepala daerah yang diusung partainya. "Banyak sekali administrasi yang beliau selesaikan," kata Azwar.

Hubungan Megawati dan Prabowo sebenarnya pernah sangat dekat, terutama pada Pilpres 2009 hingga Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2012. Megawati dan Prabowo pernah berpasangan sebagai calon presiden dan wakil presiden pada 2009. Sementara pada 2012, PDIP dan Partai Gerindra mengusung Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Pilgub DKI Jakarta.

Namun, dua tokoh itu merenggang ketika PDIP mengusung Jokowi di Pilpres 2014. Pasalnya, langkah itu dinilai melanggar perjanjian Batu Tulis yang dibuat Megawati dan Prabowo pada 2009, di mana PDIP disebut telah berjanji akan mengusung Prabowo di Pilres 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement