Jumat 30 Aug 2024 21:09 WIB

Ada Replika Pusaka Pangeran Diponegoro dalam Pernyataan Politik Anies, Apa Artinya?

Tongkat pusaka Pangeran Diponegoro dikembalikan dari Belanda saat Anies mendikbud.

Tangkapan layar video pernyataan politik Anies Baswedan.
Foto:

Dalam pernyataannya, Anies mengisyaratkan membentuk organisasi masyarakat (ormas) atau bahkan partai politik (parpol). Wacana itu setelah dirinya gagal maju menjadi calon gubernur di Pilkada 2024.

"Bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang semakin hari semakin terasa besar, dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," ujar Anies.

Anies Baswedan tak tertarik untuk melanjutkan karier politiknya melalui partai politik (parpol) yang tersedia saat ini. Kata dia, tak ada parpol eksis di Indonesia saat ini yang tak tersendera oleh kekuasaan.

Namun Anies merencanakan untuk melanjutkan karier politiknya dengan membentuk organisasi masyarakat (ormas) atau parpol baru yang terlepas dari kekuasaan untuk dapat melampiaskan gagasan kepemimpinannya.

“Ada yang usul supaya saya masuk partai, atau bikin partai politik,” begitu kata Anies dalam penyampaian terbuka secara live di Jalan Brawijaya 10, di Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (30/8/2024).

“Kalau untuk masuk partai, pertanyaannya, partai mana yang sekarang tidak tersandera kekuasaan,” begitu kata Anies menambahkan.

Anies tak menyebutkan kapan ormas atau parpol yang bakal dibikinnya itu bakal terbentuk. Akan tetapi, menurut dia, ormas dan parpol memang menjadi salah satu instrumen politik yang paling efektif dalam melampiaskan gagasan maupun ide untuk kepemimpinan nasional maupun daerah. Dan itu, kata dia, sekaligus sebagai sarana yang paling efektif dalam menampung semua aspirasi yang selama ini tersumbat dan terhambat.

“Kita lihat sama-sama ke depan. Semoga tidak terlalu lama lagi kita bisa mewujudkan langkah-langkah konkret untuk bisa mewadahi gerakan-gerakan yang sekarang ini, semakin hari semakin besar menginginkan Indonesia yang setara, dan demokrasi yang lebih sehar, politik yang lebih mengedepankan policy (kebijakan) gagasan,” begitu kata Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement