Rabu 18 Sep 2024 15:55 WIB

Said Iqbal: Partai Buruh Dukung Pemerintahan Prabowo

Partai Buruh akan menyampaikan enam harapan kepada Presiden Terpilih Prabowo.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Komite Eksekutif (Exco) Partai Buruh, Said Iqbal.
Foto: Republika/Zainur Mahsir Ramadhan
Presiden Komite Eksekutif (Exco) Partai Buruh, Said Iqbal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Komite Eksekutif (Exco) Partai Buruh, Said Iqbal menyatakan, partainya mendukung pemerintahan ke depan yang bakal dipimpin Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Said menjelaskan, dukungan itu disampaikan langsung Partai Buruh kepada Prabowo, yang dijadwalkan bakal berpidato di hadapan seribuan lebih kader Partai Buruh.

"Partai Buruh mendukung pemerintahan Pak Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih sekaligus kami akan menyampaikan enam harapan Partai Buruh kepada Bapak Presiden Terpilih Prabowo Subianto," kata Said di sela peringatan tiga tahun kebangkitan Partai Buruh di Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Baca Juga

Enam harapan Partai Buruh, kata Said, mencakup, kepemimpinan Prabowo nanti ditargetkan meninjau kembali Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja, khususnya Klaster Ketenagakerjaan. "Kedua, upah yang layak.

"Apalagi sekarang diteyapkan upah minimum 2025. Kami minta itu layak, yaitu (disesuaikan dengan) inflasi dan pertumbuhan ekonomi, dan standar kebutuhan hidup (living cost)," kata Said.

Ketiga, Partai Buruh berharap pemerintahan ke depan menghapus sistem kerja outsourcing. Keempat, Partai Buruh berharap Prabowo melanjutkan agenda Reforma Agraria dan mewujudkan kedaulatan pangan.

"Kita tidak mau ada impor ketika musim panen raya, dan dikembalikan tanah-tanah petani yang telah direbut korporasi," ucap Said.

Harapan kelima, Partai Buruh berharap ada pengangkatan massal para guru honorer dan tenaga honorer lainnya di lingkungan pemerintahan menjadi aparatur sipil negara (ASN). "Keenam, yang terakhir adalah pendidikan gratis, khususnya sampai dengan universitas atau gratis sampai orang kuliah. Enam harapan itu yang akan kami sampaikan kepada Bapak Prabowo," kata Said.

Dia optimistis, Prabowo mampu mewujudkan enam harapan Partai Buruh setidaknya dalam periode 100 hari pertama pemerintahannya nanti. "Ini adalah tentang harapan kaum buruh, petani, nelayan, dan tenaga honorer dan juga kelas pekerja lain," ujar Said.

Dalam kesempatan yang sama, Said menyebut, dukungan Partai Buruh kepada Prabowo itu mewakili mayoritas konfederasi dan serikat buruh se-Indonesia. Dia juga menyatakan, Partai Buruh mewakili kepentingan kelas pekerja di antaranya seperti buruh, petani, nelayan, dan guru.

Said menjelaskan, Prabowo dijadwalkan berpidato di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Nantinya sekitar 20 ribu buruh dijadwalkan hadir menghadiri acara pidato Prabowo selama sejam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement