Rabu 18 Sep 2024 16:10 WIB

Operasi Pager Mossad Israel di Lebanon, Klasik Tapi 'Cerdik'? Ini Kata Para Pakar Dunia

Mossad Israel dituding kuat di balik operasi Pager di Lebanon

Petugas pertolongan pertama Pertahanan Sipil membawa seorang pria yang terluka setelah pager genggamnya meledak, di kota pelabuhan selatan Sidon, Lebanon, Selasa, 17 September 2024.
Foto: AP Photo
Petugas pertolongan pertama Pertahanan Sipil membawa seorang pria yang terluka setelah pager genggamnya meledak, di kota pelabuhan selatan Sidon, Lebanon, Selasa, 17 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Pager yang meledak pada Selasa (17/9/2024) di Lebanon, menewaskan sembilan orang dan melukai hampir 3.000 orang, tiba dalam pengiriman 1.000 perangkat baru-baru ini, sebuah sumber yang dekat dengan Hizbullah Lebanon mengatakan kepada AFP, dan tampaknya telah diretas pada sumbernya.

“Menurut rekaman video, dapat dipastikan bahwa sebuah alat peledak plastik kecil disembunyikan di samping baterai yang dipicu dari jarak jauh dengan mengirimkan sebuah pesan,” tulis Charles Lister, seorang ahli di Middle East Institute (MEI), di platform Xinhua.

Baca Juga

Ini berarti, menurut pakar tersebut, dinas intelijen asing Israel (Mossad) telah menembus rantai pasokan.

Dari Brussels, analis militer Ilya Manier berbicara tentang kelemahan keamanan utama dalam prosedur Hizbullah”, menjelaskan bahwa agen-agen Israel tidak diragukan lagi menyusup ke dalam proses produksi dan menambahkan komponen bahan peledak dan alat peledak jarak jauh ke pager tanpa menimbulkan kecurigaan.

Mike Dimino, seorang ahli keamanan dan mantan analis CIA, mengatakan bahwa para agen dapat mengirimkan perangkat tersebut baik dengan menyamar sebagai pemasok atau dengan menyuntikkan perangkat tersebut secara langsung di beberapa titik dalam rantai pasokan Hizbullah dengan mengeksploitasi kerentanan (truk pengangkut dan kapal-kapal komersial)

Sebuah kasus klasik yang rumit

“Israel menguasai sebagian besar industri elektronik dunia, dan tidak diragukan lagi bahwa salah satu pabrik yang dimilikinya memproduksi dan mengirimkan IED yang meledak hari ini,” kata analis keamanan Riad Kahwaji.

“Ini adalah operasi sabotase klasik, operasi intelijen yang berada di puncak kesempurnaan,” kata pakar Dimino tentang operasi tersebut.

“Operasi sebesar ini membutuhkan waktu berbulan-bulan, jika tidak bertahun-tahun, untuk mengaturnya dengan sempurna,” katanya di platform X

Pakar pertahanan Prancis Pierre Servan mengatakan kepada AFP bahwa serangkaian operasi baru-baru ini yang dilakukan selama beberapa bulan terakhir berarti mereka telah melakukan kebangkitan yang gemilang, dengan keinginan untuk menghalangi dan pesan yang mengatakan: Kami melakukan kesalahan, tetapi kami belum mati.

Namun, dia mencatat bahaya bertanya kepada keluarga para tahanan Israel di Gaza: “Kalian mampu memasang ratusan suar Hizbullah dan meledakkannya secara bersamaan, tetapi tidak mampu membebaskan putra-putra kami?”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement