Kamis 29 Aug 2024 15:25 WIB

Menghitung Kekuatan Masing-Masing Paslon di Pilgub Jatim, Perempuan Gandeng Milenial

Tiga srikandi akan bersaing sebagai cagub pada Pilgub Jatim 2024.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan keterangan kepada pers di Kantor Kemensos, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).
Foto: Republika/Ronggo Astungkoro
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan keterangan kepada pers di Kantor Kemensos, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Tri Rismaharini resmi menggandeng KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) sebagai bakal cawagub untuk bertarung pada Pilgub Jawa Timur (Jatim). Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menilai, keputusan PDIP mengusung Risma dengan Gus Hans akan membuat pelaksanaan Pilkada Jatim 2024 menjadi kompetisi ketat.

"Ini benar akan menjadi kompetisi yang ketat. Pilkada Jatim akan menjadi arena kontes dengan red ocean strategy, head to head langsung antar pasangan calon," kata Surokim saat dihubungi dari Surabaya, Kamis (29/8/2024).

Baca Juga

Menurutnya, pertarungan pada Pilkada Jatim kali ini akan menarik, karena pasangan calon yang akan berkontestasi memiliki kemiripan dengan mengandalkan sosok perempuan sebagai calon gubernur dengan wakil laki-laki mewakili kaum millenial. "Pasangan calon yang diajukan seolah menjadi mirip-mirip dan tentu saja ini menarik, sehingga publik sulit akan mencari pembedanya antar pasangan calon. Semua mengandung pasangan calon milenial," ungkap peneliti senior Surabaya Survei Center (SSC) ini.

Ia menilai, Gus Hans yang merupakan sosok yang multitalenta hampir mirip dengan wakil dari pejawat Emil Elestianto Dardak. Dengan Risma menggandeng Gus Hans, Pilkada Jawa Timur akan lebih kompetitif. "Memiliki kesamaan yang tak jauh beda sebagai politisi humble dan cerdas. Akan kompetitif karena mirip sekali style dan performance-nya. Sehingga akan sulit mencari pembeda keduanya," ujarnya.

Selain itu, pemilihan Gus Hans menjadi calon wakil gubernur pendamping Tri Rismaharimi bisa menguatkan ceruk pemilih milenial dan nahdliyin di Jawa Timur. "Hanya saja karena kali ini beda dukungan dengan partainya (Gus Hans) Golkar menurut hemat saya beliau perlu pamit baik-baik sehingga tetap terjaga etika politik ke depannya," katanya.

Pada Pilkada Jatim, saat ini Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak telah mendaftar ke KPU Jawa Timur. Sementara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mengumumkan untuk mengusung kader internal Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim. Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim dan Risma-Gus Hans, dijadwalkan akan mendaftar ke KPU Jawa Timur pada hari terakhir pendaftaran atau pada Kamis (29/8/2024). Pada pendaftaran hari terakhir, KPU akan membuka layanan hingga pukul 23.59 WIB.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Risma resmi gandeng Gus Hanz.. baca di halaman selanjutnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement