Kamis 29 Aug 2024 14:43 WIB

Kabar PDIP Usung Anies Maju Pilgub Jabar 2024, Begini Kata Puan

Setelah gagal maju cagub Jakarta, Anies dikabarkan diusung PDIP maju di Jabar.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua DPP PDIP Puan Maharani.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani menanggapi kabar partainya akan mengusung gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Rasyid Baswedan pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024. Dia meminta awak media untuk menunggu sampai sore soal kebenaran Anies. 

"Kita lihat sampai nanti sore kan, waktu pendaftarannya masih sampai sore," ujar Puan di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2024). Hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran pasangan calon kepala daerah yang maju Pilkada Serentak 2024.

Baca Juga

Sebelumnya, Partai Buruh membuka peluang untuk membentuk koalisi baru demi mengusung Anies sebagai calon gubernur (cagub) Jakarta 2024. Ketua Tim Pilkada Partai Buruh Said Salahuddin mengatakan, Anies masih memiliki peluang untuk maju pada Pilgub Jakarta.

Hal itu mengingat Kamis merupakan hari terakhir pendaftaran pasangan calon kepala daerah. "Masih ada besok, hari terakhir pendaftaran sampai dengan pukul 23.59 WIB," kata Said saat dihubungi dari Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Menurut Said, partai politik yang sudah mendaftarkan pasangan calon kepala daerah masih diperbolehkan untuk melakukan pendaftaran lagi selama masih dalam batas waktu masa pendaftaran. Apabila nantinya muncul dukungan ganda, sambung dia, KPU akan melakukan proses klarifikasi terhadap partai politik terkait.

Oleh karena itu, Said meminta agar menunggu hari besok untuk mengetahui peluang mendukung Anies pada Pilgub Jakarta. "Kalau ada peluang pembentukan koalisi baru untuk mengusung Pak Anies Baswedan, puluhan ribu anggota Partai Buruh bersama rakyat Jakarta siap datang ke KPU untuk mendampingi pendaftaran Pak Anies," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement