Kamis 29 Aug 2024 09:51 WIB

PDIP Yakin Menang Usung Hasto Wardoyo Maju Pilwalkot Yogya

Ada tiga pasangan yang maju Pilwalkot Yogyakarta 2024.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Erik Purnama Putra
Kepala BKKBN Dr (HC) dr Hasto Wardoyo SpOG (K) diusung menjadi calon wali kota Yogyakarta oleh PDIP.
Foto: Dok BKKBN
Kepala BKKBN Dr (HC) dr Hasto Wardoyo SpOG (K) diusung menjadi calon wali kota Yogyakarta oleh PDIP.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PDIP akan mendaftarkan pasangan Hasto Wardoyo-Wawan Hermawan untuk maju Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Yogyakarta 2024 ke KPU Kota Yogyakarta, Provinsi DIY, Kamis (29/8/2024). Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta, Eko Suwanto mengatakan, pendaftaran Hasto ke KPU Yogyakarta akan dilakukan pukul 15.00 WIB.

Pendaftaran diawali dengan karnaval budaya dari Kantor DPD PDIP DIY dengan berjalan kaki. Dia optimistis, untuk memenangkan sosok yang sekarang menjabat pala BKKBN tersebut. Eko menuturkan, seluruh kader bergerak kebawah, menemui dan sehati dengan masyarakat berjuang untuk memenangkan Pilkada Kota Yogyakarta.

Baca Juga

"PDI Perjuangan berterima kasih kepada rakyat Yogyakarta yang telah berikan kepercayaan menangkan pilihan legislatif di pemilihan umum, dan bersama rakyat optimistis lewat pasangan Hasto Wardoyo dan Wawan Hermawan guna menangkan pilkada," kata Eko di Kota Yogyakarta, Kamis.

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, penunjukan Hasto untuk maju pada Pilwalkot Yogyakarta dilakukan oleh ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurut dia, dua figur tersebut memiliki rekam jejak mumpuni.

"Kenapa beliau? Salah satu tantangan di Yogyakarta menekan stunting, menurunkan angka kematian ibu melahirkan, tingkatkan perekonomian rakyat dan memajukan kebudayaan. Pak Hasto Wardoyo, mempunyai pengalaman yang lengkap untuk bisa memimpin Yogyakarta," kata Djarot.

Untuk pasangan Hasto, kata Djarot, Wawan memiliki latar belakang dan kepedulian untuk memajukan UMKM. Hal itu yang mendasarkan PDIP untuk memilih pasangan tersebut ikut kontestasi. "Saya kenal Mas Wawan, yakin inilah yang terbaik untuk Yogyakarta. Pasangan ini pasti turun ke bawah dorong ekonomi kreatif dan UMKM,” ucap Djarot.

Pasangan Hasto-Wawan akan menghadapi pasangan Afnan Hadikusumo-Singgih Raharjo yang sudah daftar ke KPU Kota Yogyakarta pada Rabu (28/8/2024). Pasangan tersebut didukung koalisi besar, yaitu Partai Gerindra, Golkar, PKB, PKS, PPP, PSI, Partai Ummat, dan Partai Buruh.

Adapun satu pasangan lagi yang bakal maju adalah Heroe Poerwadi-Sri Widya Supena. Pasangan tersebut didukung PAN, Nasdem, dan Demokrat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement