Kamis 29 Aug 2024 07:31 WIB

Pakar Dukung PDIP Majukan Kader Bukan Anies: Hal Wajar

Memerahkan Anies atau menjadikan Anies kader itu satu hal yang harus dipenuhi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Calon gubernur Pramono Anung yang diusung PDIP mendaftarkan diri di kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (28/8/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Calon gubernur Pramono Anung yang diusung PDIP mendaftarkan diri di kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (28/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas (Unand) Asrinaldi menilai, kebijakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengusung kadernya sendiri untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024, yakni Pramono Anung-Rano Karno merupakan hal yang wajar dan patut ditiru.

"Karena memang tidak semudah itu mencalonkan orang dengan jabatan sebagai gubernur yang menjadi bagian dari proyeksi pemimpin masa depan tanpa harus terikat sebagai kader partai," kata Asrinaldi saat dihubungi dari Jakarta, Rabu (29/8/2024).

Baca Juga

Oleh sebab itu, ia juga menilai, wajar apabila PDIP sempat berkeinginan menjadikan mantan gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagai kader partai sebelum mengusungnya. Hingga pada akhirnya, PDIP memilih untuk mendaftarkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung ke KPU Provinsi DKI Jakarta pada Rabu (28/8/2024).

"Memerahkan Anies atau menjadikan Anies kader itu satu hal yang harus dipenuhi karena bagaimana pun tentu PDI Perjuangan akan berpikir bahwa pencalonannya ini memang harus ada kaitannya dengan proses kaderisasi. Jadi, tidak menjadi partai yang bisa menerima, dan bisa juga mudah melepaskan kader-kadernya," ujar Asrinaldi.

Terlebih, kata Asrinaldi, terdapat fungsi partai politik untuk mengutamakan proses kaderisasi dan rekrutmen politik. Sehingga keputusan PDIP harus dipahami oleh semua pihak tidak mengusung calon dari luar dalam hal ini Anies.

Adapun pasangan Pramono-Rano akan melawan M Ridwan Kamil-Suswono pada Pilgub Jakarta. Satu lagi pasangan dari jalur independen, Komjen (Purn) Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto mendaftar ke KPU Jakarta pada Kamis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement