Kamis 29 Aug 2024 14:53 WIB

PDIP Ungkap Potensi Kejutan di Pilgub Jabar 2024, Anies Diusung?

PDIP memberi sinyal, cagub yang diusung bukan berasal dari internal.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Mas Alamil Huda
Simpatisan mengibarkan bendera PDIP dalam sebuah kampanye.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Simpatisan mengibarkan bendera PDIP dalam sebuah kampanye.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat (Jabar) Ono Surono mengungkapkan, partainya bakal mengusung calon kejutan di Pilkada Jawa Barat. Ono mensinyalkan cagub yang diusung bukan berasal dari internal PDIP.

“Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat yang akan diusung adalah figur yang akan memberikan kejutan untuk rakyat Jawa Barat,” kata Ono dalam keterangannya pada Kamis (29/8/2024).

Baca Juga

Ono menyebut paslon yang ditelaah PDIP merupakan gabungan antara kader partai lain dan non-kader. Ono optimistis paslon dari PDIP dapat mendulang suara di Jabar.

"Figur tersebut adalah figur yang akan diterima oleh rakyat Jawa Barat walau yang bersangkutan bisa saja bukan merupakan kader PDI Perjuangan dan perpaduannya bisa saja dari partai lain," ujar Ono.

Ono mengungkapkan, PDIP bakal mendaftarkan paslonnya belakangan. Ia berharap paslon itu dapat diterima masyarakat Jabar. "Mudah-mudahan PDI Perjuangan bisa mendaftarkan hari Kamis di detik-detik terakhir pendaftaran. Mohon Doa dari rakyat Jawa Barat," ujar Ono.

Muncul spekulasi bahwa Anies Baswedan dikabarkan bakal diusung PDIP untuk maju di Pilgub Jabar. Sebelumnya juga beredar rumor bahwa Partai Banteng akan mengusung Anies di Pilkada Jakarta bersama Rano Karno. Tapi PDIP malah mencalonkan Pramono Anung-Rano Karno. Hingga saat ini, kubu Anies juga belum memberi keterangan terkait hal tersebut.

Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani menanggapi kabar partainya akan mengusung Anies Baswedan pada Pilgub Jabar 2024. Dia meminta awak media untuk menunggu sampai sore soal kebenaran Anies.

"Kita lihat sampai nanti sore kan, waktu pendaftarannya masih sampai sore," ujar Puan di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2024). Hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran pasangan calon kepala daerah yang maju Pilkada Serentak 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement