Rabu 28 Aug 2024 15:41 WIB

Universitas BSI Pontianak Dorong Transparansi Keuangan Desa Bhakti Jaya Lewat Pelatihan

Universitas BSI mengadakan pelatihan khusus mengenai aplikasi keuangan KAS BUMDes.

Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan keuangan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Universitas BSI mengadakan pelatihan khusus mengenai aplikasi keuangan KAS BUMDes dengan Buku Kas Digital Berbasis Website di Desa Bhakti Jaya, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan keuangan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Universitas BSI mengadakan pelatihan khusus mengenai aplikasi keuangan KAS BUMDes dengan Buku Kas Digital Berbasis Website di Desa Bhakti Jaya, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan desa melalui pengabdian masyarakat. Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan keuangan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Universitas BSI mengadakan pelatihan khusus mengenai aplikasi keuangan KAS BUMDes dengan Buku Kas Digital Berbasis Website di Desa Bhakti Jaya, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau. Pelatihan ini berlangsung pada Kamis-Jumat, 15-16 Agustus 2024 silam dan dihadiri oleh para pengurus BUMDes Jaya Usaha.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Bhakti Jaya, Rohman, yang menyampaikan pentingnya peran teknologi dalam mengelola keuangan desa. "Dengan adanya aplikasi Buku Kas Digital ini, kita harapkan pengelolaan keuangan di BUMDes Jaya Usaha akan menjadi lebih mudah, praktis, dan transparan. Ini merupakan langkah awal kita menuju pengelolaan yang lebih profesional," ujar Rohman dalam rilis yang diterima, Rabu (28/8/2024).

Baca Juga

Raja Sabaruddin, selaku Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak sekaligus pengembang utama aplikasi Buku Kas Digital, menjadi narasumber dalam pelatihan ini. Raja menjelaskan bahwa aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pencatatan transaksi dan penyusunan laporan keuangan secara lebih cepat dan akurat.

"Aplikasi ini dirancang untuk menjawab kebutuhan BUMDes dalam mengelola keuangan secara efektif dan efisien. Dengan Buku Kas Digital, diharapkan tidak ada lagi kesalahan dalam pencatatan keuangan, dan semua data keuangan dapat diakses dengan mudah oleh pengurus BUMDes," jelasnya.

Pelatihan ini tidak hanya berupa presentasi teori, tetapi juga melibatkan praktik langsung. Peserta diperkenalkan dengan fitur-fitur utama aplikasi dan diberikan kesempatan untuk melakukan simulasi dengan data keuangan yang telah disiapkan.

Salah satu peserta, Andi, yang merupakan bendahara BUMDes Jaya Usaha, mengungkapkan kepuasannya terhadap pelatihan ini. "Aplikasi ini sangat membantu kami dalam mengelola kas BUMDes. Dengan sistem digital ini, pekerjaan kami menjadi lebih cepat dan minim kesalahan. Semoga dengan penggunaan aplikasi ini, BUMDes Jaya Usaha dapat lebih berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Desa Bhakti Jaya," kata Andi.

Melalui pelatihan ini, Universitas BSI Kampus Pontianak tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga sebagai mitra strategis dalam pembangunan desa. Diharapkan, pengurus BUMDes Jaya Usaha dapat segera mengimplementasikan Buku Kas Digital untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan, serta memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan ekonomi Desa Bhakti Jaya. Universitas BSI berkomitmen untuk terus mendukung program-program serupa yang dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement