Jumat 09 Aug 2024 18:59 WIB

Saka Tatal Tantang Siapapun yang Kekeuh Menuduh Dirinya Membunuh Vina untuk Sumpah Pocong

Saka Tatal mengaku lega setelah menjalani prosesi sumpah pocong.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andri Saubani
Saka Tatal jalani sumpah pocong.
Foto: Dok Republika
Saka Tatal jalani sumpah pocong.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Saka Tatal pada Jumat (9/8/2024), telah selesai menjalani sumpah pocong untuk membuktikan ketidakterlibatannya dalam kasus pembunuhan Vina dan Muhammad Rizky atau Eky di Cirebon pada 2016 silam. Ia pun menantang siapapun yang masih menuduhnya sebagai pelaku pembunuh Vina untuk melaksanakan sumpah pocong.

"Perasaannya lega. Tapi barangkali masih ada yang keukeuh dengan pendapatnya bahwa Saka pelakunya, udah sumpah pocong aja bareng sama Saka langsung," tegas Saka.

Baca Juga

Sumpah pocong dilaksanakan di Padepokan Agung Amparan Jati, di Desa Lurah, Blok Karangtengah Kidul, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon. Pelaksanaan sumpah pocong dipimpin oleh pimpinan padepokan tersebut, Raden Gilap Sugiono. 

Saka pun menjalani berbagai prosesi layaknya orang yang meninggal. Selain dimandikan, dia kemudian dipakaikan kain kafan, lengkap dengan tali pocong dan ‘bumbu mayit’.

Setelah itu, Saka pun mengucapkan sumpahnya, bahwa dia tidak melakukan pembunuhan atau pemerkosaan terhadap Eky dan Vina. Dia juga bersumpah telah mengalami penyiksaan, seperti diestrum dan diharuskan minum air kencing, saat pemeriksaan oleh polisi pada 2016 silam.

Saka pun berharap, kasus kematian Vina dan Eky akan semakin menemui titik terang. Dia berharap, tak ada lagi pihak yang menutup-nutupi kasus tersebut.

"(Harapan) kedepannya (kasus Vina) semakin terbuka, jangan ada yang diumpeti-umpetin. Pengennya blak-blakan aja, jangan ada yang ditutupin. Pengennya Saka tuh terbuka, jangan ada yang ditutupin," ucap Saka.

Saka pun kini sedang menunggu putusan Mahkamah Agung soal pengajuan Peninjauan Kembali (PK)-nya. Dia berharap, majelis hakim di Mahkamah Agung bisa mengabulkan PK-nya.

photo
Kejanggalan kasus Vina Cirebon. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement