Jumat 09 Aug 2024 09:05 WIB

Ridwan Kamil Pastikan Maju Pilkada Jakarta, Ini yang Buatnya Yakin Menang Lawan Anies

Ridwan Kamil mendapatkan kepastian menjadi cagub Jakarta usai bertemu Airlangga.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Anies Baswedan terlihat akrab dan dekat saat mengikuti undangan yang digelar oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Jumat (11/6).
Foto:

Dan pernyataan resmi tertulis serta formal sebagai cagub DKI Jakarta tersebut, baru akan diumumkan setelah partai-partai koalisi memutuskan nama calon wakil gubernur (cawagub) pendampingnya. “Per har ini, calon wakilnya masih didiskusikan partai-partai dan kaolisi,” begitu kata Emil.

Ia merasa diri tak ada masalah dengan siapapun nantinya yang bakal menjadi cawagub pendampingnya. Emil, pun percaya diri bisa menang dalam Pilkda DKI Jakarta itu. “Saya mah, orangnya optimistis,” begitu ujar dia.

Sejauh ini, cagub untuk Pilkada DKI Jakarta 2024 yang juga sudah resmi diumumkan oleh partai politik peserta pemilu adalah Anies Baswedan. Anies resmi dicalonkan sebagai cagub DKI Jakarta oleh Partai Nasdem. Anies dalam kontestasi pilkada tahun ini adalah pejawat. Mantan menteri pendidikan itu pernah memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2017 dan menjadi gubernur DKI Jakarta sampai 2022.

Anies Baswedan juga menjadi calon presiden (capres) yang diusung oleh Partai Nasdem dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun persaingan politik pada level nasional tersebut kandas setelah capres Prabowo Subianto lebih unggul dalam Pilpres 2024 itu.

Kembalinya Anies ke gelanggang politik daerah di DKI Jakarta, diprediksi bakal mudah baginya. Sejumlah lembaga survei masih menempatkan mantan rektor Universitas Paramadina itu sebagai cagub DKI Jakarta dengan elektabilitas tertinggi di antara 18 sampai 29 persen.

Sementara nama Ridwan Kamil, berdasarkan survei, memiliki tingkat elektabilitas di bawah Anies, atau berkisar di antara 8 sampai 13 persen. Tingkat elektabilitas Emil tersebut pun masih di bawah mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjajaha Purnama alias Ahok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement