Selasa 06 Aug 2024 03:37 WIB

Sekjen PSI: Kaesang Ingin Temani Istri Lanjut Kuliah di AS

Kaesang siap turun gunung jika mendapat rekomendasi dari Koalisi Indonesia Maju.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat diwawancara di Cinemapolis Cinemas, Senayan Park, Jakarta, Senin (5/8/2024).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat diwawancara di Cinemapolis Cinemas, Senayan Park, Jakarta, Senin (5/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masih belum memastikan langkah Ketua Umum Kaesang Pangarep pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Padahal, Kaesang memiliki peluang untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta dan Jawa Tengah (Jateng).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PSI Raja Juli Antoni mengatakan, secara personal Kaesang ingin menemani istrinya untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Hal itu lantaran belum lama ini istri Kaesang, Erina Gudono, baru saja diterima untuk program S2 di University of Pennsylvania, Amerika Serikat (AS).

Baca Juga

"Itu juga bagian pertimbangan personal ya. Jadi kalau pada level pribadi, personal, Mas Kaesang lebih memiliki preferensi untuk menemani istri," kata Raja Juli di Cinepolis Cinemas, Senayan Park, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2024).

Kendati demikian, Raja Juli menyatakan Kaesang akan mempertimbangkan untuk turun gunung apabila ada rekomendasi dari partai politik maupun Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk maju di Pilkada 2024. Apalagi, sambung dia, ketika rekomendasi kepada Kaesang itu mendapatkan dukungan publik.

"Ketika ada rekomendasi dan itu adalah rekomendasi dari temen-teman KIM dan ini merupakan kebaikan untuk publik, saya pikir Mas Kaesang akan mempertimbangkan ya," kata dia.

Meski begitu, Raja Juli tetap tak bisa memastikan langkah yang akan diambil ketua umumnya itu. Menurut dia, keputusan terakhir tetap ada di tangan Kaesang. "Saya kira keputusannya terakhir di beliau juga istri," kata wakil menteri ATR/BPN tersebut.

Sebelumnya, Kaesang belum bisa memastikan maju atau tidaknya di Pilgub DKI Jakarta. Namun, apabila masyarakat menghendakinya, Kaesang mengaku siap untuk maju di Pilgub DKI Jakarta.

"Kalau saya pribadi diminta untuk bisa nanti oleh masyarakat untuk maju ke pilkada melawan Pak Anies saya berani, melawan Pak Ridwan Kamil pun saya berani," kata Kaesang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement