Senin 29 Jul 2024 18:58 WIB

Ini Starting Line Up Indonesia vs Thailand: Formasi 3-4-3, Jens Raven Ujung Tombak

Indonesia akan menghadapi Thailand di final Piala AFF U-19.

Skuad Timnas Indonesia U-19.
Foto: Dok PSSI
Skuad Timnas Indonesia U-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada final Piala AFF U-192024. Laga ini akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/7/2024) mulai pukul 19.30 WIB.

Pelatih Indra Sjafri memainkan formasi 3-4-3 seperti pada dua laga awal penyisihan grup. Namun di ujung tombak ia memainkan Jens Raven, bukan Arkhan Kaka.

Baca Juga

Selama babak penyisihan Piala AFF U-19 2024, Indonesia tampil dominan dengan mengalahkan para lawannya, yaitu Filipina 6-0, Kamboja 2-0, dan Timor Leste 6-2.

Namun, skuad asuhan Indra Sjafri sempat kesulitan saat membongkar pertahanan Malaysia dalam laga semifinal.

Jens Raven dan kawan-kawan, baru bisa membobol gawang Malaysia ketika pertandingan telah berjalan 78 menit, melalui gol Alfahrezzi Buffon, sehingga skuad tersebut bisa melaju ke final.

Sementara, Thailand dapat melaju ke semifinal setelah mengalahkan Brunei Darussalam dan Singapura, serta bermain imbang melawan Malaysia dalam babak penyisihan grup.

Beruntung, skuad asuhan Emerson Pereira bisa menang melawan Australia di semifinal dengan skor 1-0, berkat gol bunuh diri Dylan Leonard.

Duel Indonesia kontra Thailand kerap terjadi di Piala AFF U-19. Hasilnya, tim Gajah Perang amat dominan. Dari sembilan pertemuan di ajang ini, yang pernah digelar dalam format KU-20 dan KU-18, Indonesia hanya pernah sekali menang. Satu laga berakhir imbang dan sisanya tujuh laga menjadi milik Thailand.

 

Namun satu-satunya kemenangan Indonesia didapat justru pada partai puncak Piala AFF U-19 2013. Satu kemenangan itu berbuah trofi juara. Indonesia menaklukkan Thailand 3-1. Kebetulan, 11 tahun lalu, timnas U-19 ditangani oleh Indra Sjafri, pelatih yang sekarang membawa Garuda Nusantara kembali ke final turnamen serupa.

Tuah Indra diharapkan hadir lagi di Stadion Gelora Bung Tomo malam ini.

Daftar Susunan Pemain

Indonesia U-19 (3-4-3)

Ikram Algiffari (PG); Muhammad Alfahrezzi Buffon, Kadek Arel Priyatna, Muhammad Iqbal Gwijangge; Muhammad Kafiatur, Welberlieskott De Halim Jardim, Dony Tri Pamungkas, Muhammad Mufli Hidayat; Arlyansyah Abdulmanan, Jens Raven, Riski Afrisal.

Pelatih: Indra Sjafri

Thailand U-19 (5-4-1)

Kittipong Bunmak (PG): Pikanet Laohawiwat, Jhetsaphat Khuantanom, Singha Marasa, Piyawat Petra, Pakawat Taengoakson; Thanawut Phochai, Thanakrit Chotmuangpak, Siradanai Phosri, Phongsakon Sangkasopha; Caelan Ryan.

Pelatih: Emerson Pereira

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement