Senin 29 Jul 2024 14:48 WIB

Kapolri Resmi Naikkan Pangkat Bakal Cagub Jateng Ahmad Luthfi Jadi Bintang Tiga

Ahmad Luthfi diangkat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
 Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, memberikan keterangan kepada awak media saat digelar jumpa pers, di Mapolres Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (7/6).
Foto: Dokumen
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, memberikan keterangan kepada awak media saat digelar jumpa pers, di Mapolres Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (7/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kapolri Listyo Sigit Prabowo resmi menaikkan pangkat Inspektur Jenderal (Irjen) Ahmad Luthfi menjadi Komisaris Jenderal (Komjen), Senin (29/7/2024). Namun Komjen Luthfi yang selama ini menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah (Jateng) dipindahtugaskan di luar struktur Polri dengan jabatan baru di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

“Hari ini, eks kapolda Jawa Tengah Ahmad Lutfhi menjalani korps raport kenaikan pangkat dari jenderal bintang dua (Irjen), menjadi jenderal bintang tiga (Komjen),” begit kata Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (ASDM) Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Senin (29/7/2024).

Baca Juga

Dalam seremoni kenaikan pangkat tersebut, Jenderal Sigit sekaligus mendapuk Irjen Ribut Hari Prabowo sebagai Kapolda Jateng menggantikan Komjen Luthfi. “Kapolda Jawa Tengah resmi berganti pimpinan dari Komjen Luthfi kepada Irjen Ribut Hari Prabowo. Selanjutnya Komjen Luthfi dimutasi penugasan luar struktur Polri di Kementerian Perdagangan,” begitu ujar Dedi.

Komjen Luthfi, saat masih menjabat sebagai Kapolda Jateng, namanya selalu dimunculkan dalam peta politik daerah. Perwira Polri kelahiran Surabaya, Jawa Timur (Jatim) 1966 itu merupakan salah satu tokoh yang diunggulkan untuk maju dalam Pilkada Jateng 2024. 

Banyak spekulasi yang beredar untuk mendorongnya sebagai cagub ataupun cawagub Jateng. Salah satu partai peserta pemilu yang sudah menyatakan dukungan untuk Luthfi, adalah Partai Amanat Nasional (PAN) yang ketua umumnya adalah Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Partai Gerindra juga secara resmi telah menyatakan akan mengusung Ahmad Luthfi sebagai bakal cagub Jateng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement