Senin 29 Jul 2024 05:05 WIB

PAN Dukung Anies Jika Anak Zulkifli Hasan Dijadikan Cawagub, Ini Respons Anies

PAN bakal segera menerbitkan SK untuk mendukung Anies jika menggandeng Zita Anjani.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani. PAN dukung Anies jika gandeng Zita Anjani.
Foto: istimewa/doc humas
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani. PAN dukung Anies jika gandeng Zita Anjani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan akan mendukung Anies Baswedan jika mantan capres 2024 itu menggandeng Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani sebagai calon wakil gubernurnya. Anies menyatakan bakal membahas syarat yang diajukan PAN untuk mendukungnya maju pada Pilkada Jakarta 2024.

Syarat itu dilontarkan Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Yandri Susanto di Jakarta pada Jumat (26/7/2024). Yandri mengatakan, PAN bakal segera menerbitkan surat keputusan (SK) untuk mendukung Anies jika bersedia berpasangan dengan anak Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tersebut.

Baca Juga

Terkait itu, Anies, saat ditemui selepas menghadiri acara pembukaan Musyawarah Nasional Ke-IV Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional (IKPN) di Kompleks Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Sabtu (27/7/2024), mengatakan, dia berterima kasih atas tawaran PAN. Tetapi, kata dia, syarat itu masih harus dibahas dengan pihak terkait lainnya.

“Ya, saya berterima kasih kepada PAN, Pak Zulkifli Hasan atas kepercayaannya, karena ketika itu disampaikan, berarti beliau memberikan kepercayaan, mempercayai untuk bersama-sama memajukan Jakarta lewat pilkada. Jadi, itu sebuah amanat yang saya syukuri, hormati,” kata Anies Baswedan menjawab pertanyaan wartawan.

Anies melanjutkan, keputusan terkait bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi dirinya tentu tak dapat dia putuskan sendiri. Partai politik lain pengusungnya tentu punya hak untuk ikut membicarakannya. “Terkait dengan pasangan, itu semua tentu akan kita bahas bersama-sama agar bisa menjadi kesepakatan, sehingga pasangan itu memperkuat kebersamaan semua pengusung,” kata Anies.

Dalam bursa cawagub pendamping Anies, ada nama Sohibul Iman, kader PKS yang diusulkan PKS untuk mendampinginya di Pilkada Jakarta. Anies saat ini mengantongi dukungan dari Nasdem dan PKS. DPW PKB Jakarta juga memberi dukungannya untuk Anies, tetapi pengurus pusat PKB belum secara resmi mengumumkan calon yang mereka dukung di Pilkada Jakarta.

PAN di berbagai kesempatan konsisten mengusung Zita Anjani, yang merupakan putri Zulkifli Hasan, untuk maju di Pilkada Jakarta. "Kalau PAN jelas ada Zita Anjani. Jadi, nanti akan dibicarakan seperti apa koalisinya, nama-nama yang muncul, ada yang baru, ada yang lama dan seterusnya,” kata Zulhas, sapaan populer Zulkifli Hasan, saat ditemui di Kantor DPP PAN, Jakarta, beberapa waktu lalu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement