Sabtu 27 Jul 2024 16:29 WIB

Kapolda Jateng Promosi Bintang Tiga Jadi Irjen Kemendag

Brigjen Ribut Hari Wibowo menggantikan Irjen Ahmad Luthfi sebagai Kapolda Jateng.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi promosi menjadi Irjen Kemendag dengan pangkat letjen.
Foto: Humas Polda Jateng
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi promosi menjadi Irjen Kemendag dengan pangkat letjen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengganti sejumlah kepala kepolisian daeah (kapolda). Dalam Surat Telegram (ST) Kapolri ST/154/VII/KEP/2024 bertanggal 26 Juli 2024, Jenderal Sigit memutasikan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi dan Kapolda Bangka Belitung Irjen Tornagogo Sihombing. Dalam surat telegram tersebut, tercatat 157 perwira tinggi dan menengah yang geser jabatan, baik di internal kepolisian dan penugasan di lembaga negara.

Dalam angka 19 ST Kapolri, Irjen Ahmad Luthfi dipindahtugaskan di luar struktur Polri. Dia akan menjabat sebagai Irjen Kementerian Perdagangan (Kemendag). Dengan begitu, pangkat Luthfi akan naik menjadi bintang tiga di posisi barunya tersebut.

Baca Juga

"Irjen Pol Ahmad Luthfi Kapolda Jateng dimutasikan sebagai pati Itwasum Polri, penugasan pada Kemendag," begitu bunyi ST Kapolri yang diterima wartawan di Jakarta, Sabtu (27/7/2024).

Posisi Irjen Luthfi sebagai Kapolda Jateng akan digantikan Brigjen Ribut Hari Wibowo. Saat ini, Ribut menjabat Kepala Biro Pembinaan Karyawan SSDM Polri. Dengan begitu, Ribut mendapat promosi jabatan bintang dua.

Terkait Irjen Luthfi , namanya belakangan muncul dalam peta politik daerah, sebagai salah satu tokoh yang diunggulkan untuk maju menjadi calon gubernur (cagub) Jateng 2024. Sejumlah partai politik peserta pemilu, mengusungnya untuk menjadi calon gubernur (cagub) ataupun calon wakil gubernur (cawagub) Jateng.

Yang sudah memastikan untuk mendukung Luthfi adalah Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas). Sebelumnya, Mendag Zulhas mengungkapkan, Irjen Ahmad Luthfi sedang dalam proses untuk menjabat sebagai Irjen Kemendag.

"Sedang proses untuk Irjen Kemendag, sudah hampir selesai," kata Zulhas usai membuka Rakorwil PAN Jawa Tengah di Kota Semarang, Sabtu (8/6/2024) malam WIB. Luthfi yang akan pensiun pada November 2024, menjabat Kapolda Jateng sejak 1 Mei 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement