Selasa 23 Jul 2024 14:14 WIB

PDIP Undang Andika dan Tri Risma Jadi Pemateri Pelatihan Pilkada

Andika akan menceritakan pengalamannya sebagai pimpinan tertinggi militer.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa berbaju PDIP.
Foto: Tangkapan Layar
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa berbaju PDIP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Panitia Pelatihan Nasional Tim Pemenangan Pilkada PDIP Gelombang 3 2024, Aris Setiawan Yodi mengatakan, pihaknya mengundang mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini sebagai pengisi materi bagi calon kepala daerah (cakada) yang diusung PDIP.

"Ini kalau di pelatihan sebelumnya ada Prof Mahfud yang sudah menjelaskan terkait bagaimana bidang hukum itu bekerja di Pilkada nanti, kali ini kita kedatangan langsung Bu Tri Rismaharini, Mensos, dan juga nanti ada Pak Andika Perkasa," ujar Aris di sela persiapan pelatihan nasional pemenangan Pilkada di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7/2024).

Baca Juga

Direktorat Kajian Tim Pemenangan Nasional Pilkada PDIP tersebut menjelaskan, Andika akan menceritakan pengalamannya sebagai pimpinan tertinggi militer dalam menghadapi bagaimana pemilu dan pilkada. Adapun peserta pelatihan bukan cakada saja, melainkan juga tim sukses ikut pula.

"Bagaimana positioning-nya seharusnya yang sesuai konstitusi, bagaimana positioning-nya para kepala daerah nantinya, ini akan membantu kerja-kerja tim pemenangan dari daerahnya masing-masing," ujar Aris.

Dia menyebut, tim cakada yang terlibat pelatihan sekitar sembilan orang. "Jadi, sekitar kurang lebih setiap pelatihan itu tidak kurang dari 700 kita melatih, itu dibagi sembilan kompartemen atau sembilan direktorat," jelas Aris.

Menurut Aris, PDIP juga akan menghadirkan sejumlah narasumber mumpuni lain untuk membekali para cakada. "Selain itu, profesional pelatihan media sosial, pelatihan saksi, pelatihan relawan itu sudah ada sendiri masing-masing yang akan kita spesifik di hari kedua nanti," ujarnya.

Juru Bicara Tim Pemenangan Pilkada PDIP 2024, Seno Bagaskoro, menjelaskan, pelatihan untuk semua kepala daerah atau cakada yang dipersiapkan oleh PDIP adalah berpihak pada satu gagasan. Adapun gagasan itu yang selama ini diperjuangkan oleh partai.

"Jadi ketika siapa pun dia tidak peduli siapa keluarganya, apa latar belakangnya, berasal dari mana dia, apakah dia punya akses terhadap kekuasaan atau tidak, kalau dia punya kemampuan yang mumpuni untuk memimpin satu daerah, PDI Perjuangan akan memperjuangkan kesetaraan hak untuk itu," ujar Seno.

PDIP melalui Tim Pemenangan Pilkada Nasional menyelenggarakan pelatihan nasional tim pemenangan Pilkada 2024 bagi 80 daerah. Dipilihnya 80 daerah karena calonnya sudah ditentukan dan telah mendapatkan surat penugasan partai.

Pada pelatihan gelombang ke-3 ini, masing-masing tim pemenangan cakada diberikan pelatihan guna memastikan strategi pemenangan pada Pilkada 2024 disusun dan dijalankan secara efektif dalam rangka memenangkan Pilkada 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement